SATUKANAL.COM
Situs Jerukwangi, Desa Jerukwangi, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri
BERITA HIGHLIGHT LIPUTAN KHUSUS STRAIGHT NEWS

Penggiat Sejarah Menduga Temuan Situs Jerukwangi Peninggalan Kerajaan Panjalu

SATUKANAL, KEDIRI – Penggiat sejarah mengaitkan penemuan situs Jerukwangi dengan instalasi pengairan pada masa Kerajaan Panjalu Kediri.

Hal tersebut dikatakan oleh Novi Bahrul Munib, Ketua Pelestari Sejarah Budaya Kadhiri (Pasak), saat ditemui media Satukanal.com di Desa Jerukwangi, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri.

“Kalau kita lihat posisinya terowongan tersebut ada dibawah lapisan komposisi tanah. Sehingga saya yakin terowongan tersebut sebuah arung untuk drainase pada masa dahulu. Kemungkinan drainase tersebut digunakan untuk pemandian atau menjadi sarana irigasi ke pertanian,” kata Novi.

Ia menceritakan kalau di daerah Jerukwangi dan Kandangan sebelumnya banyak temuan benda bersejarah, terutama penemuan-penemuan dari masa Kerajaan Panjalu. Seperti penemuan Jokom Sumur dan Situs Bioro di masa Raja Jayabaya, Kerajaan Panjalu Bumi Khadiri.

Baca Juga :  DLH Kabupaten Kediri Siapkan Sanitary Land Fill Untuk Perluasan TPA Sekoto

“Dulu pernah juga ditemukan Prasasti di Kandangan, namun untuk lokasi tepatnya belum diketahui. Menurut laporan Belanda ada temuan Prasasti Kandangan atau yang kita kenal dengan Prasasti Kusmala, yang kini disimpan di museum Airlangga Kediri,” Ujar Novi.

Dalam Prasasti tersebut ditemukan suatu hal informasi yang menarik, yaitu hadiah dari Raja Matahun berupa bangunan Bendungan Kusmala kepada Sang Apanji Pupon dan masyarakat sekitar.

“Nah karena bendungan inilah mendapat manfaat besar terhadap kerajaan, yaitu membuat makmur masyarakat di Timur Kota Daha yang disebutkan dalam prasasti itu,” lanjut Novi.

Baca Juga :  UMKM Kabupaten Kediri Gelar Katalog Produk

Novi mengungkapkan ada indikasi kuat hubungan situs Jerukwangi dengan bangunan Bendungan Kusmala tersebut.

“Kemungkinan penemuan di Desa Jerukwangi ini adalah penemuan dari masa ke masa. Dari masa Panjalu diteruskan hingga masa Majapahit akhir. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan Temuan-temuan prasasti di angka Tahun yang ada di sekitar Jerukwangi dan Kandangan,” tutupnya.

Perlu diketahui Situs Jerukwangi ini selain ditemukan terowongan, ditemukan juga perabotan rumah tangga seperti pipisan, lesung, gerabah, mangkok- mangkok fragmen keramik.

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait