SATUKANAL.COM
Penggali Pasir di Kediri Temukan Struktur Batu-bata Kuno Hingga Terowongan
Khoirul Anam, Sekertaris Desa Jerukwangi, memegang serpihan gerabah
BERITA HIGHLIGHT KANAL VIRAL STRAIGHT NEWS

Penggali Pasir di Kediri Temukan Struktur Batu-bata Kuno Hingga Terowongan

SATUKANAL, KEDIRI – Penggali pasir di area persawah di Desa Jerukwangi, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri menemukan serpihan Batu-bata kuno yang diduga peninggalan sejarah.

Amam, salah satu pekerja penggali pasir di Kabupaten Kediri penemu serpihan batu bata kuno mengatakan, temuan tersebut diketetahuinya sudah sejak 3 bulan yang lalu.

“Temuannya berupa Batu bata kuno, selain itu juga ditemukan barang-barang lain berupa batu dakon, keramik, pecahan gerabah, dan uang logam,” kata Amam.

Selain batu bata, Amam juga menyebutkan adanya terowongan sepanjang 20 Meter dilokasi yang sama, namun hingga saat ini masih terbengkalai.

Baca Juga :  Santri Kediri Siap Hadapi Era 4.0

“Lokasinya disini juga namun tidak diteruskan menggali,” katanya.

Koiurul Anam Sekertaris Desa Jerukwangi menyebutkan lokasi penemuan ini terletak di ujung desa, perbatasan antara Kabupaten Jombang dan Kabupaten Kediri. Sehingga masih banyak warga Desa Jerukwangi belum mengetahui situs tersebut.

“Akses jalan masuk tepat posisinya ada di Dusun Mlati, Desa Rejoagung, Jombang. Sebenarnya kalau untuk hak milik tanah penggalian tersebut adalah warga Desa Jerukwangi. Dikarenakan akses jalan di wilayah tersebut bukan masuk wilayah kita, jadi banyak warga yang tidak mengetahui adanya situs tersebut,” tuturnya.

Baca Juga :  Ibu Asal Kabupaten Kediri, Berhasil Membuktikan Sukses Usaha Sampingan Yang Menjanjikan

Lebih lanjut soal penemuan jejak sejarah itu pihaknya akan segera menidak lanjuti ke Pemerintah Desa.

“Untuk desa, sementara kita koordinasikan dahulu untuk langkah selanjutnya seperti apa. Karena informasi ini juga baru,” pungkasnya.

 

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait