SATUKANAL.COM
Ketua-KPU-Batu
BERITA

Pengesahan UU Pemilu Baru, Ketua KPU Batu : Kami Tunggu Aturan Teknisnya

Satuchannel.com, Kota Batu – Terkait disahkannya UU Pemilu oleh DPR RI pada Kamis (20/7), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu masih menunggu teknis aturan dari KPU Pusat.

Ketua KPU Kota Batu, Rochani mengatakan ada banyak perubahan yang terjadi tapi semuanya masih menunggu pengaturan teknis dari KPU.

“Kami masih menunggu peraturan KPU yang segera diterbitkan oleh KPU Pusat.” ungkap Rochani kepada satuchannel, Jum’at sore (21/7).

Baca Juga :  12.000 Pemilih Baru Masuk di Data Coklit KPU Kabupaten Kediri

Terkait peruabahan yang ada, ia menyampaikan perubahan terjadi pada alokasi per Dapil yang semula 3 hingga 12 kini menjadi 3 sampai 10 kursi.

Menurutnya ada 5 poin teknis dari UU Pemilu yang baru, pertama pada ambang batas pencalonan Presiden dan Wakil Presiden (Presidential Treshold) 20% di DPR RI atau 25% suara sah nasional berdasarkan pemilu sebelumnya, tahun 2014. Kedua, pada ambang batas parlemen (Parliamentary Treshold) yang menjadi 4%. Ketiga pada sistem pemilihan proporsional terbuka. Keempat, Alokasi kursi per Dapil yang mencapai 3 – 10 kursi. Serta yang terakhir, metode konversi suara menggunakan sainte lague murni.

Baca Juga :  KPU Kabupaten Kediri Siapkan Skema Khusus Pencoblosan di Masa Pandemi

“Intinya sekarang kami menunggu, kami siap melaksanakan aturan pemilu yang baru sesuai UU Pemilu baru.” tambah Rochani. (Ars)

Kanal Terkait