Pengelola Sebut Wisata Taman Kelinci Semakin Berat, Imbas PPKM Darurat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pengelola Sebut Wisata Taman Kelinci Semakin Berat, Imbas PPKM Darurat
Spanduk bertuliskan Tutup Sementara yang ada di Taman Kelinci (Foto: Yulsa Zenna/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Pesona

Pengelola Sebut Wisata Taman Kelinci Semakin Berat, Imbas PPKM Darurat

Satukanal.com, Malang Wisata Taman Kelinci Rumah Hobbit menjadi salah satu destiasi bertema edukasi fauna di Malang yang banyak dikunjungi. Jika ingin menuju objek ini lokasinya searah dengan destinasi Paralayang, tepatnya berada di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon.

Sayangnya, pengelola wisata hewan bertelinga panjang ini berada di tengah kesusahan. Kondisi tak menentu dan adanya PPKM Darurat, menyebabkan grafik pengunjung merosot. Padahal, ketika new normal lalu, destinasi ini sudah mulai beroperasi secara normal dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan (prokes).

“Adanya Covid-19 ini sangat berpengaruh ke pengunjung kami, turunnya hingga 60 persen. Tingkat kunjungan dulu bisa sampai 900 orang per-hari. Sekarang, nyentuh 400 saat weekend saja tidak mampu. Kok malah PPKM lagi,” keluh Pengelola Wisata Taman Kelinci Rumah Hobbit, Muhammad Ali.

Baca Juga :  PPKM Darurat, PLN Bakal Padamkan Listrik Pukul 20.00 WIB?

Sebelum adanya pandemi, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 17.00 WIB. Dengan harga tiket sebesar Rp 15 ribu untuk weekday. Sedangkan untuk weekend mereka mematok harga Rp 20 ribu setiap orang. Tetapi, selama PPKM Darurat digiatkan, tempat ini tutup total.

Taman ini menawarkan keunikan dan sisi menarik tersendiri. Hamparan tumbuhan hijau, udara sejuk dan perbukitan yang memanjakan mata. Ditambah, para pengunjung diperbolehkan berinteraksi langsung dengan kelinci yang ada.

“Kami memiliki sekitar 50 kelinci yang rata-rata berjenis lokal. Pemilihan jenis lokal sendiri karena memang fungsinya untuk interaksi dengan pengunjung saja,” jelasnya. Hewan yang lekat dengan penggambaran lucu itu sengaja dibebasliarkan, agar wisatawan dapat memberi makan dan memegang langsung mamalia tersebut.

Baca Juga :  Kegigihan Kala Pandemi, Penjualan Dekorasi Rumah Kian Menjanjikan

Selain Taman Kelinci, objek lain yang dapat dinikmati adalah Rumah Hobbit. Terinspirasi dari sebuah film Hollywood terkenal, bentuknya dibuat semirip mungkin. Tak ayal, tempat ini juga turut mencuri perhatian.  Para pelancong biasa berswafoto dengan latar belakang estetik.

Ali sapaan akrabnya memilih untuk berserah pada arahan Dinas Pariwisata Kota Batu mengenai kelanjutan situasi ini. Meskipun, dia merasa sama sekali tak mendapatkan bantuan dari Pemerintah. “Kami seperti ini tanpa kepastian dan tidak difasilitasi. Pemerintah seakan bertindak tanpa solusi,” tegasnya.

 

 

Pewarta : Yulsa Zenna
Editor : Wildan, Adinda

Kanal Terkait