Pengamat Ekonom : APEKSI dan MTQMN XV 2017 Beri Dampak Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Pengamat Ekonom : APEKSI dan MTQMN XV 2017 Beri Dampak Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Malang

Satuchannel.com, Kota Malang – Tidak disadari bahwa Penyelenggaran APEKSI dan MTQMN XV tahun 2017 ternyata berdampak pada pertumbuhan Ekonomi di Kota Malang selaku tuan rumah. Dalam hal ini, Peniliti Pusat Kebijakan Ekonomi Universitas Brawijaya (UB), Joko Budi Santoso mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Kota Malang meningkat sebesar 0,1 hingga 0,2 persen selama gelaran 2 acara tersebut.

Pasalnya, Joko menjelaskan bahwa aktivitas ekonomi pada sektor riil mengalami lonjakan, mengingat setiap peserta melakukan transaksi jual-beli di Kota Malang. Transaksi tersebut meliputi pembelian oleh-oleh, kunjungan tempat wisata, jasa tempat penginapan, penggunaan transportasi umum, dan semacamnya.

Baca Juga :  Soal PPN Sembako, Kota Malang Tunggu Instruksi

“Secara tidak langsung, even akbar tersebut, menambah pergerakan ekonomi meski tidak tinggi, paling sekitar 0,1 hingga 0,2 persen,” papar Joko, usai menjadi Pembicara dalam acara ‘Lokakarya Lomba Jurnalistik Akutansi dan Keuangan Di Mata Jurnalis, Sabtu (5/8).

Dia pun melanjutkan bahwa tingkat daya jual beli di Kota Malang, terutama di sektor jasa cukup tinggi. Sehingga, lahan investasi sangat terbuka lebar.

“Banyaknya tingkat konsumsi masyarakat, bisa dilihat dari keberadaan kos-kosan dan warung makan. Hal ini juga tidak lepas dari kondisi geografis Kota Malang yang membuat nyaman untuk tinggal, kerja dan sekolah,” terangnya dengan panjang lebar.

Baca Juga :  Makin Dekat Dengan Warga, Bapenda Kota Malang Roadshow Keliling Kelurahan

Meski begitu, Joko menilai bakal ada problem bagi Pemerintah Daerah lantaran dapat memicu pertumbuhan penduduk. Banyaknya warga pendatang ke Kota Malang bisa membuat masalah baru dan juga mempengaruhi inflasi.

“Banyaknya penduduk tentu akan mempengaruhi inflasi. Ini yang harus diperhatikan kadepannya,” tuturnya. (GUM)

Kanal Terkait