SATUKANAL.COM
BERITA ISU PILIHAN RISET STRAIGHT NEWS

Pengakuan Mat Kenek, Inilah Motor yang Sulit Dicuri

Mat Kenek, pria 31 tahun yang ditangkap Tim Cobra memberikan keterangan berharga kepada masyarakat ketika memarkir kendaraan agar terlepas dari incaran pelaku curanmor.

Dalam pengakuan kepada polisi, sebelum melakukan aksinya, pelaku selalu mengawasi posisi kunci stir dari kendaraan yang akan dicuri. Stir motor yang dikunci ke arah kanan, diakui Mat Kenek lebih sulit dipatahkan dengan kunci T, sehingga jarang menjadi pilihan untuk dicuri.

“Jika setirnya dikunci dalam posisi belok ke kanan, kunci T yang saya bawa tidak bisa bekerja maksimal atau lebih lama prosesnya,” demikian kata Mat Kenek, sebagaimana disampaikan kepada Kapolres Lumajang AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban S.IK.

Kesulitan lainnya, kata Mat Kenek adalah motor yang dikunci stir dengan posisi lubang kontak tertutup. Ini disebutnya memiliki kesulitan tersendiri untuk bisa mencurinya.

“Yang kita ambil biasanya yang lubang kontaknya terbuka, itu lebih mudah,” papar Mat Kenek kemudian.

Hal lain yang membuat sulit adalah kunci tambahan yang dipasang oleh pemilik motor, seperti pemasangan kunci pengaman (gembok) pada rem cakram. Ini akan semakin membutuhkan waktu lama untuk mencurinya.

“Kalau dikunci ke arah kiri, dalam kondisi lubang kontak terbuka dan tanpa pengaman lain, saya hanya butuh waktu tiga detik untuk membawa kabur motor curian itu,” jelas Mat Kenek kemudian.

Kapolres Lumajang AKBP DR. Muhammad Arsal Sahban S.IK selanjutnya berpesan kepada masyarakat untuk belajar dari pengalaman Mat Kenek untuk mengamankan motor ketika diparkir kemudian ditinggalkan.

“Mat Kenek ini terlibat dalam sejumlah aksi begal, pencurian motor bahkan perampokan. Bukan hanya di Lumajang, tapi juga di Probolinggo,” tegas Kapolres Lumajang.

Kanal Terkait