Pendapatan Pajak Daerah Belum Capai Target, Sutiaji: Masih Batas Wajar - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pendapatan Pajak Daerah Belum Capai Target, Sutiaji : Masih Batas Wajar
Walikota Malang, Sutiaji (Foto: Istimewa)
BERITA Kanal Straight

Pendapatan Pajak Daerah Belum Capai Target, Sutiaji: Masih Batas Wajar

Satukanal.com, Malang Pandemi Covid-19 tentunya juga memberikan dampak pada pendapatan pajak daerah. Salah satunya yang terjadi di Kota Malang. Tercatat, di tahun 2020 target pendapatan Pajak Daerah Kota Malang belum mampu melampaui target.

Menanggapi hal tersebut Walikota Malang Sutiaji, menyebut hal ini masih dalam batas normal dan wajar. Target yang belum tercapai ini diakibatkan oleh pandemi, sehingga pendapatan pajak belum terpenuhi 100 persen.

“Di tahun 2020 memang target pendapatan Pajak Daerah belum terpenuhi 100 persen. Karena dampak pandemi, hanya terealisasi 82.77 persen,” ujar Sutiaji.

Politikus partai Demokrat ini mengungkapkan, penurunan pajak daerah yang diperoleh Kota Malang sebenarnya meleset dari target. Pihaknya memprediksi penurunan pendapatan Pajak Daerah di tahun 2020 sebesar 60 persen. Namun ternyata, penurunannya hanya sebesar 19 persen dari tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Terancam Bangkrut, Wajah Pedagang Bunga Mengkerut

Hal inilah yang menjadi dasar bagi Walikota Malang Sutiaji menyebut penurunan pajak daerah masih dalam batas wajar, apalagi jika dibandingkan dengan-daerah lainnya.

Selanjutnya, pendapatan Pajak Daerah di tahun 2021 ini, Sutiaji menarget Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang mampu mencapai Rp 629 miliar.

“Sekarang baru masuk triwulan kedua, Bapenda sudah melaporkan pemasukan hampir Rp 160 miliar. Itu belum termasuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). PBB baru masuk kurang lebih 14 persen,” paparnya.

Baca Juga :  10 Hari, 94 Penindakan Selama PPKM Darurat

Seperti diketahui untuk tahun 2020 Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menarget penerimaan dari Pajak Daerah sebesar Rp 425 miliar. Namun hanya terealisasi sebesar Rp 351 miliar atau sebesar 82,77 persen. Sehingga terdapat kurang target sebesar Rp72 miliar.

Meski begitu sisi lain, yakni sektor retribusi daerah diakui melampau lebih dari target. Sutiaji mengatakan retribusi daerah yang ditarget sebesar Rp 35,731 miliar terealisasi sebesar Rp 38,449 miliar atau sebesar 107,61 persen, terlampaui sebesar Rp 2,718 miliar.

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait