Pendaftaran SNMPTN 2021 UM, Alokasikan Kuota Sebanyak 1.965 Mahasiswa - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pendaftaran SNMPTN 2021 UM, Alokasikan Kuota Sebanyak 1.965 Mahasiswa
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Pendaftaran SNMPTN 2021 UM, Alokasikan Kuota Sebanyak 1.965 Mahasiswa

Satukanal.com, MalangUniversitas Negeri Malang (UM) Jawa Timur, Pada pembukaan pendaftaran mahasiswa jalur SNMPTN tahun 2021 membuka kuota pendaftaran sebanyak 1.965 mahasiswa.

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah dibuka sejak 15 Februari 2021 dan masa pendaftaran SNMPTN 2021 ini masih akan berlangsung hingga 24 Februari 2021 mendatang.

Sebanyak 86 Perguruan Tinggi Negeri atau PTN di seluruh Indonesia menawarkan kuota dalam SNMPTN 2021. Tiap prodi PTN bisa menerima peserta SNMPTN 2021 sesuai daya tampung yang tersedia. SNMPTN menyediakan kuota minimum 20 persen. Seleksi berdasarkan nilai akademik saja, atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan PTN.

UM sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi negeri favorit dan terkenal yang berada di Malang. UM juga telah mendapatkan akreditasi “A” secara institusi dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) berdasarkan 240/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2014.

Melansir dari laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), di UM sendiri telah membuka daya tampung pada tahun 2021 sebanyak 1.965 mahasiswa. Daya tampung SNMPTN Universitas Negeri Malang digunakan untuk menganalisis peluang kemungkinan besar lolos pada jurusan yan dipilih.

Pada SNMPTN 2021 ini, UM juga memiliki sebanyak 59 Program studi. Daya tampung program studi SNMPTN 2021 UM Sains dan Teknologi (SAINTEK) sebanyak 22 Program Studi, sedangkan daya tampung program studi SNMPTN 2021 UM Sosial Humaniora (SOSHUM) sebanyak 37 program studi.

Pada program studi SAINTEK, prodi Pendidikan Matematika masih menjadi salah satu prodi favorit siswa, dikarenakan para peminat mencapai 605 , sementara daya tampung hanya sebanyak 50 kursi saja. Selanjutnya, untuk program studi dengan peminat kedua terbanyak ada pada Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan peminat mencapai 986 dan daya tampung hanya 48 kursi saja.

Pada program studi SAINTEK yang lainya meliputi, Pendidikan Fisika dengan daya tampung sebanyak 36 kursi, Pendidikan Kimia dengan daya tampung sebanyak 36 kursi, Pendidikan Biologi dengan daya tampung sebanyak 33 Kursi, Pendidikan Teknik Mesin dengan daya tampung sebanyak 27 kursi, Pendidikan Teknik Bangunan dengan daya tampung sebanyak 24 kursi.

Baca Juga :  Benarkah Ada Penarikan Tarif Pemakaman Jenazah Covid-19 di Kota Malang? Ini Penjelasannya

Selanjutnya untuk Pendidikan Teknik Informatika dengan daya tampung sebanyak 18 kursi, Pendidikan Teknik Otomotif dengan daya tampung sebanyak 18 kursi, Ilmu Keolahragaan dengan daya tampung sebanyak 32 kursi, Matematika dengan daya tampung sebanyak 42.

Lalu untuk prodi Fisika dengan daya tampung sebanyak 36 kursi, Kimia dengan daya tampung sebanyak 36 kursi, Biologi dengan daya tampung sebanyak  33 kursi, Pendidikan Teknik Elektro dengan daya tampung sebanyak 18 kursi, Teknik Sipil dengan daya tampung sebanyak 42 kursi.

Selanjutnya, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dengan daya tampung sebanyak 33 kursi, Teknik Mesin dengan daya tampung sebanyak 18 kursi, Teknik Elektro dengan daya tampung sebanyak 18 kursi, Teknik Informatika dengan daya tampung sebanyak 18 kursi, Teknik Industri 18 kursi dan prodi Bioteknologi dengan daya tampung sebanyak 21 kursi.

Pada program studi SOSHUM Pendidikan Guru Sekolah Dasar juga masih menjadi salah satu prodi favorit siswa, dikarenakan para peminat mencapai 1.341 orang, sementara daya tampung hanya sebanyak 90 kursi saja. Selanjutnya, untuk program studi dengan peminat kedua terbanyak ada pada prodi Manajemen dengan peminat mencapai 1.717 dan daya tampung hanya 84 kursi saja.

Sedangkan pada program studi SOSHUM yang lainya meliputi, Bimbingan dan Konseling dengan daya tampung sebanyak 32 kursi, Pendidikan Jasman Kesehatan dan Rekreasi daya tampung sebanyak  60 kursi, Teknologi Pendidikan dengan daya tampung sebanyak 33 kursi, Pendidikan Luar Sekolah dengan daya tampung sebanyak 36 kursi.

Selanjutnya pada prodi Administrasi Pendidikan dengan daya tampung sebanyak 33 kursi, Pendidikan Guru Anak Usia Dini dengan daya tampung sebanyak 36 kursi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan daya tampung sebanyak 48 kursi, Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia & Daerah dengan daya tampung sebanyak 30 kursi.

Lalu untuk prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan daya tampung sebanyak 36 kursi, Pendidikan Bahasa Arab dengan daya tampung sebanyak 27 kursi, Pendidikan Seni Rupa dengan daya tampung sebanyak 32 kursi, Pendidikan Bahasa Jerman dengan daya tampung sebanyak 22 kursi, Pendidikan Seni Tari & Musik dengan daya tampung sebanyak 30 kursi.

Baca Juga :  Mulai 9 Februari Kota Malang Siap-Siap PPKM Mikro, Begini Aturannya

Selain itu para prodi Pendidikan Sejarah dengan daya tampung sebanyak 42 kursi, Pendidikan Ekonomi dengan daya tampung sebanyak 42 kursi, Pendidikan Tata Niaga dengan daya tampung sebanyak 24 kursi, Pendidikan Administrasi Perkantoran dengan daya tampung sebanyak 36 kursi, Pendidikan Akuntansi dengan daya tampung sebanyak 27 kursi.

Selanjutnya prodi Pendidikan Tata Boga dengan daya tampung sebanyak 18 kursi, Pendidikan Tata Busana dengan daya tampung sebanyak 18 kursi, Psikologi dengan daya tampung sebanyak 60 kursi, Bahasa & Sastra Indonesia dengan daya tampung sebanyak 20 kursi, Bahasa & Sastra Inggris dengan daya tampung sebanyak 18 kursi, Ilmu Sejarah dengan daya tampung sebanyak 12 kursi.

Untuk prodi Desain Komunikasi Visual dengan daya tampung sebanyak 36 kursi, prodi Akuntansi dengan daya tampung sebanyak 52 kursi, prodi Ekonomi & Studi Pembangunan dengan daya tampung sebanyak 42 kursi, Pendidikan Luar Biasa daya tampungnya sebanyak 32 kursi, Pendidikan Geografi daya tampungnya sebanyak 48 kursi, Pendidikan Bahasa Mandarin daya tampungnya sebanyak 15 kursi.

Selanjutnya untuk Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial daya tampungnya sebanyak 24 kursi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga daya tampungnya sebanyak 36 kursi, prodi Geografi daya tampungnya sebanyak 27 kursi, Pendidikan Sosiologi daya tampungnya sebanyak 32 kursi serta prodi Ilmu Perpustakaan daya tampungnya sebanyak 20 prodi.

Untuk mengetahui informasi lengkap terkait dengan pendaftaran SNMPTN 2021, Anda bisa membuka link di bawah ini :

Link Akun Resmi LTMPT SNMPTN 2021

Untuk mengetahui penjelasan lengkap LTMPT soal SNMPTN 2021, Anda bisa mengakses video di bawah ini :

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait