Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Sudah Dibuka, Perhatikan Syarat Dan Caranya | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
kartu prakerja dibuka
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Sudah Dibuka, Perhatikan Syarat Dan Caranya

SATUKANAL.com, NASIONAL– Pendaftaran Kartu Prakerja akhirnya kembali dibuka pada Senin (2/11/2020) pukul 12.00 WIB.

Head of Communication Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, berbeda dengan sebelumnya, gelombang 11 ini merupakan gelombang tambahan.

Seperti tercantum dalam dashboard prakerja.go.id, gelombang kali ini pendaftaran terakhir pada 4 November 2020. Dalam akun instagram Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) juga mencantumkan beberapa persyaratan untuk dapat mendaftar kartu prakerja, diantaranya warga negara Indonesia, berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang menempuh sekolah atau kuliah.

Program Kartu Prakerja dibentuk dengan harapan dapat membuat pesertanya mengembangkan kompetensi kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja serta mengembangkan kewirausahaan.

Sedangkan untuk periode ini, kuota program prakerja yang diberikan berasal dari penerima Kartu Prakerja yang dicabut kepesertaannya.

Tata Cara pendaftaran program secara online

  1. Buka situs www.prakerja.go.id
  2. Siapkan nomor kartu keluarga dan NIK. Masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun
  3. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online, yang mana peserta boleh menggunakan alat bantu kertas dan alat tulis.
  4. Klik “Gabung” pada gelombang yang sedang dibuka.
  5. Tunggu pengumuman. Peserta yag lolos seleksi akan mendapatkan notifikasi melalui SMS.

Jumlah kuota 400.000

Louisa selaku head of communication manajemen pelaksana program Kartu Prakerja mengatakan bahwa untuk periode 11, kuota yang disediakan hampir 400.000.
Pencabutan kepesertaan terjadi karena peserta tidak melakukan pembelian pelatihan pertama dala waktu 30 hari setelah mereka dinyatakan lolos sebagai penerima Kartu Prakerja. Terdapat sekitar 364.622 orang yang telah dicabut kepesertaannya dari gelombang 1-10. Sementara itu, bagi peserta yang sudah pernah mendaftar di situs Kartu Prakerja dapat langsung bergabung dalam proses seleksi gelombang ini.

“Bagi mereka yang lolos menjadi peserta, jangan lali untuk langsung melakukan pembelian pelatihan sebelum 30 hari agar kepesertaannya tidak tercabut,” tutur dia. Louisa menerangkan bahwa, peserta gelombang 11 yang dinyatakan lolos dapat segera melakukan pembelian pelatihan pertama.

Penerima Program Kartu Prakerja akan mendapatkan dana bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta. Selain itu, peserta yang lolos juga akan mendapatkan insentif pasca-pelatihan sebesar Rp 2,4 juta dalam 4 bulan serta insentif survei sebesar Rp 150.000.

Cara cek lolos atau tidak melalui dashboard Kartu Prakerja

  1. Pada tanggal pengumumna seleksi gelombang, pendaftar bisa login ke akun Kartu prakerja di https://www.prakerja.go.id/
  2. Kemudian cek dashboard akun Kartu Prakerja (dashboard Kartu Prakerja)
  3. Jika lolos seleksi, pendaftar juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS
  4. Pendaftar juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun Kartu Prakerja

Selain itu, pendaftaran Kartu Prakerja bisa dilakuka melalui dua cara yaitu daring (online) dan luring (offline). Untuk tata cara pendaftaran online sudah dijelaskan pada paragraf diatas.

Bagi yang ingin mendaftar secara luring (offline), calon penerima Kartu Prakerja bisa melakukannya melalui Kementerian Ketenagakerjaan atau pemerintah daerah, khususnya Dinas Ketenagakerjaan. Pendaftaran bisa dilakukan secara individu maupun kolektif.

Apabila pendaftaran yang dilakukan peserta gagal, pastikan bahwa nomor NIK dan KK sudah dimasukkan dengan benar. Jika masih gagal, peserta diharapkan segera menghubungi call center Dukcapil di nomor 1500-538 atau datang ke kantor Dukcapil terdekat.

 

Pewarta : Adinda A.I.U.
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait