Pencarian Hari Keempat Pesawat Sriwijaya Air, Evakuasi Kantong Jenazah Hingga Black Box Berhasil Ditemukan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pencarian Hari Kelima Sriwijaya Air, Evakuasi 139 Kantong Jenazah Hingga Black Box Berhasil Ditemukan
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Pencarian Hari Keempat Pesawat Sriwijaya Air, Evakuasi Kantong Jenazah Hingga Black Box Berhasil Ditemukan

Satukanal.com, NasionalPesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh pada Selasa (09/01/2021) lalu di perairan Kepulauan Seribu, hingga kini proses evakuasi pesawat tersebut masih terus dilakukan.

Pada proses pencarian hari keempat pesawat Sriwijaya Air, yang berlangsung pada Selasa (12/01/2021), tim SAR kembali menemukan beberapa temuan-temuan baru. Salah satu temuan yang berhasil di evakuasi oleh pihak tim SAR adalah beberapa bagian dari tubuh penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Tidak hanya menemukan bagian tubuh dari korban, tim SAR juga berhasil menemukan serpihan dari badan pesawat berukuran besar dan kecil. Pihak tim SAR pada pencarian hari keempat tersebut juga berhasil menemukan bagian kotak hitam (black box) dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pada hari keempat proses evakuasi menyampaikan bahwa, diduga mesin pesawat Sriwijaya Air SJ 182 masih dalam kondisi hidup saat jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

Dugaan pihak KNKT tersebut mengacu pada data radar (ADS-B) dari Perum LPPNPI (Airnav Indonesia). Soerjanto Tjahjono selaku Ketua KNKT menyampaikan, “Terekamnya data sampai dengan 250 kaki mengindikasikan bahwa sistem pesawat masih berfungsi dan mampu mengirim data” Ujarnya.

Baca Juga :  Viral Matahari Terbit dari Utara! Bukan Tanda Kiamat Melainkan Fenomena Lumrah

Sehingga dari beberapa data hasil temuan tersebut, diduga mesin dalam kondisi hidup sebelum pesawat membentur air. Tim SAR pada saat melakukan evakuasi juga menemukan serpihan pesawat berukuran besar dengan lebar 100 meter dan panjang 300-400 meter. Ketua KNKT juga menyampaikan, karena luas serpihan tersebut ia menduga pesawat tidak mengalami ledakan sebelum membentur air.

Kotak Hitam (Black box) dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang telah ditemukan tim SAR gabungan pada Selasa sore ini, langsung dibawa oleh kapal sea rider milik Kopaskal.

Pada Selasa sore tersiar kabar bahwa kotak hitam atau black box Sriwijaya Air SJ 182 telah ditemukan oleh tim SAR gabungan. Hadi Tjahjanto selaku Panglima TNI Marsekal menyampaikan, “Hari ini tepat jam 14.00, KSAL sampaikan informasi kepada saya bahwa sesuai dengan perkiraaan yang sudah ditentukan di wilayah yang sudah ditandai, telah ditemukan bagian dari Flight Data Recorder (FDR)” Ujarnya.

Baca Juga :  Besok, Hujan Meteor Arietied Dapat Disaksikan Dengan Mata Telanjang

FDR merupakan bagain dari kotak hitam (black box) yang menjadi kunci untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat rute Cengkareng-Pontianak ini. FDR juga dapat mencatat segala macam informasi terkait teknis pesawat sebelum jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

Black box tersebut kemudian dibawa oleh sejumlah penyelam dan petugas lain ke area tengah JICT II untuk diserahkan kepada tim Basarnas kemudian KNKT guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Selanjutnya, tim SAR masih melakukan pencarian dari Cockpit Voice Recorder (CVR) yang merupakan bagian lain dari kotak hitam. Pencarian CVR tersebut guna mengetahui percakapan dalam kokpit dan suara lain, seperti transmisi radio serta alarm otomatis.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait