Pemkot Malang Secara Resmi Serahkan Hibah Daerah Pada KPU - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Pemkot Malang Secara Resmi Serahkan Hibah Daerah Pada KPU

Menuju Malang Satu

Satuchannel.com, Kota Malang – Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) secara resmi ditandangani sekaligus diserahkan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kepada KPU Kota Malang, Jum’at (7/7). Bertempat di Ruang Sidang Balai Kota Malang, penyerahan dilakukan secara langsung oleh Wali Kota Malang, H Moch Anton kepada Ketua KPU kota Malang, Zainudin. Acara yang dimulai sekitar pukul 14.00 ini juga dihadiri oleh Kepala Kesbangpol Kota Malang, Indri dan sejumlah jajaran anggota komisioner KPU Malang.

Bertindak selaku ketua panitia kegiatan ini, Indri menyampaikan bila NPHD ini merupakan sebuah amanat undang-undang, dalam peraturan tentang pengelolaan dana pemilihan gubernur, bupati dan walikota lebih tepatnya dalam peraturan dalam negeri nomor 51 tahun 2015.

Baca Juga :  Mau Pergi Jauh, Warga Malang Bisa Vaksin di Stasiun

Indri juga menjelaskan, jika sebelum melakukan penandatangan NPHD ini telah dilakukan proses pembahasan tim anggaran dan KPU dengan hasil diantaranya, pertama Pemberian honor pokja dalam pilkada 2018 mengacu pada surat kementerian. Standar kebutuhan jasa dan honorarium dalam rangka kebutuhan barang jasa mengacu pada keputusan KPU tahun 2017; kedua Terdapat penambahan kegiatan yaitu pemutakhiran data sekitar 1 miliar; ketiga, pertama kali diajukan anggara sebesar 30,9 M dan akhirnya disepakati dikakukan efisiensi menjadi 30,2 Milyar. Adapun efesiensi itu sebesar 717 juta.

Pemkot Malang Alokasikan Dana Ke KPU Kota Malang (Iqbal)

Sementara itu, Wali Kota Malang yang berkesempatan memberikan sambutan pada kegiatan tersebut menyampaikan bila dengan menyerahkan NPHD ini adalah satu bentuk komitmen pemerintah kota untuk menyukseskan Pilkada serentak tahun 2018. Ia berharap, dana sebesar 30,3 Milyar itu dapat dimanfaatkan dengan baik tanpa menimbulkan masalah kedepanya.

Baca Juga :  Deal, Kota Malang Ikut Terapkan PPKM Darurat

“Kalau dilihat, angkanya sangat besar. Angka itu dimaksimalkan sesuai dengan aturan dan kebutuhan yang bisa dipertanggungjawabkan secara bersama-sama nantinya. Jangan sampai kandas,” tuturnya dengan diiringi nada candaan yang langsung disambut tawa para hadirin.

Ia juga berharap kegiatan Pilkada 2018 mendatang dapat berjalan secara lancar. Hal itu dirasa penting karena ada pertanggujawaban para penyelenggara kepada rakyat. Harapannya melalui uang tersebut dapat menunjukan kekompokan dalam menyukseskan pilkada oleh partai partai yang ada di Kota Malang ini.

“Manfaatkan dengan baik, semoga selama proses pemilihan dan setiap tahapannya berjalan lancar dan sukses. Kerjasama diminta berjalan secara lancar, ” pungkasnya. (Iqb)

Kanal Terkait