Pemkot Malang Gelar KIP Award 2020, Guna Atasi Tuntutan Masyarakat Akan Keterbukaan Informasi Publik | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pemkot Malang Gelar KIP Award 2020, Guna Atasi Tuntutan Masyarakat Akan Keterbukaan Informasi Publik
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Pemkot Malang Gelar KIP Award 2020, Guna Atasi Tuntutan Masyarakat Akan Keterbukaan Informasi Publik

SATUKANAL.com, MALANG – Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko menghadiri gelaran acara Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award Kota Malang tahun 2020 ini. Pada acara yang dilangsungkan di Ngalam Command Center (NCC) Balaikota Malang tersebut, 10 para nominator yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker PMPTSP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Kesehatan (Dinkes), Kecamatan Belimbing, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten (Bakesbangpol), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Puskesmas Ciptomulyo, dan Puskesmas Pandanwangi.

Ke 10 nominator tersebut melangsungkan tahapan presentasi dengan menitikberatkan pada kegiatan monitoring, evaluasi dan pemanfaatan teknologi Informasi dan Komunikasi. Pada acara tersebut Wakil Wali Kota Malang juga berkesempatan untuk memberikan sambutannya, ia menjelaskan bahwa, keterbukaan informasi pada publik merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Sofyan juga menjelaskan, masyarakat Kota Malang yang menuntut Pemerintah untuk membuka diri dan melakukan publikasi terkait dengan informasi-informasi serta kebijakan-kebijakan yang dapat diakses dan diketahui dari mana saja.

Baca Juga :  Juru Parkir di Kota Malang Bergaji Setara UMK

Pemerintah diamanatkan dan diwajibkan untuk membuka seluruh informasi terkait dengan proses penyelengaraan yang dilakukan Pemerintah kepada masyarakat. Amanat tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Memberikan informasi-informasi dan kebijakan-kebijakan yang sangat diperlukan serta mudah diakses dari mana saja,” tutur Wakil Wali Kota Malang.

Pembentukan UU Nomor 14 tahun 2008 tentang KIP dilatar belakangi beberapa hal yakni, Informasi sebagai bagian dari kebutuhan pokok setiap orang, Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia, Keterbukaan Informasi Publik merupakan ciri penting negara demokratis, Keterbukaan Informasi Publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya serta Pengelolaan Informasi Publik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan masyarakat informasi.


Wakil Wali Kota Malang juga menjelaskan terkait ekspektasi publik yang sangat tinggi sekali terhadap permasalahan yang ada di ruang lingkup Pemerintahan, khususnya baiknya dari sisi layanan kepada publik maupun proses penyelenggaraan Pemerintahan.

Sofyan Edi menyampaikan, hal tersebut yang akan lebih ditekan, sehingga terjadinya kesenjangan antara realitas serta ekspektasi publik tidak terlalu besar. Pada sambutanya iya juga menyampaikan terkait keoptimisanya terhadap inovasi-inovasi layanan di Kota Malang, yang nantinya Keterbukaan Informasi Publik semakin baik dan mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut merupakan adanya dukungan dari berbagai pihak yang memiliki inovasi, komitmen serta regulasi.

Baca Juga :  Kunker ke Kota Malang, Emil Dardak Sosialisasi Perpanjangan PPKM

“Baiknya layanan atau baiknya pemerintahan, inilah yang akan ditekan sehingga anatara realita dan ekspektasi publik itu kesenjangannya tidak terlalu, dan itu jawabannya inovasi, itu adalah kreatifitas dan hari ini ditampilkan, disampaikan. Karena didukung oleh SDM yang bagus, tinggal konsistensi, komitmen dan regulasi yang memadai bisa memayungi itu semua” Ujar Sofyan Edi.

Digerlarnya acara KIP tahun 2020, berguna untuk memberikan beragam manfaat yang nantinya akan dapat dirasakan. Seperti, adanya jaminan pemenuhan hak bagi setiap masyarakat guna mengetahui setiap rencana, program, proses dan alasan dari pengambilan suatu kebijakan publik. Selain itu berguna untuk mendorong partisipasi dari masyarakat dalam melakukan pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan badan publik yang baik.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait