Pemkot Malang Ajak Perguruan Tinggi hingga Forum Lalu-lintas untuk Bahas Solusi Kemacetan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Suasana Lalui-lintas di Bundaran Jalan Bandung, Kota Malang (Lutfia/satukanal)
Suasana Lalui-lintas di Bundaran Jalan Bandung, Kota Malang (Lutfia/satukanal)
BERITA Kanal Straight

Pemkot Malang Ajak Perguruan Tinggi hingga Forum Lalu-lintas untuk Bahas Solusi Kemacetan

Satukanal.com, Malang – Pemerintah Kota Malang mulai mempersiapkan beberapa skema untuk menanggulangi permasalahan kemacetan.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan perguruan tinggi di Kota Malang salah satunya Universitas Negeri Malang (UM) untuk membicarakan permasalahan ini.

“Saya kemarin sudah ketemu dengan Rektor UM dan Perguruan Tinggi lain. Khusus untuk UM saya minta membuat DED (Detail Engineering Design) untuk underpass,” ujar Walikota Malang, Sutiaji.

Bukan hanya itu, instruksi kepada Dinas Perhubungan pun juga dilakukan guna melakukan koordinasi bersama Forum Lalu Lintas untuk membentuk managemen dan analisa rekayasa lalu lintas.

Baca Juga :  Wali Kota Sutiaji Ambil Berbagai Langkah Antisipasi Penyebaran Omicron di Kota Malang

“Bisa jadi ada pengaturan jam masuk sekolah, tapi untuk jaringan transportasi, infrastrukturnya kami lagi membedah untuk yang rawan-rawan macet,” lanjut Sutiaji.

Skema lain yang hendak digunakan oleh Pemerintah Kota salah satunya adalah mencari jalan-jalan alternatif sebagai jalan tembusan untuk mengurangi kemacetan. Pada tahun 2021 lalu terdapat proyek pembangunan Jalan Danau Jonge yang terdapat di Kelurahan Madyopuro yang menghubungkan exit tol Madyopuro dengan Jalan Sulfat. Akan tetapi masih diperlukan adanya perbaikan dan koordinasi mengingat melintasi area Kabupaten Malang.

Baca Juga :  Kapolres Jombang Sebut Halang-Halangi Proses Hukum MSAT Bisa Masuk Bui

Kendaraan dari berbagai daerah seringkali memadati sepanjang jalan yang ada di Kota Malang terlebih ketika akhir pekan dan hari-hari biasa. Hal ini lantaran mahasiswa-mahasiswa luar daerah sudah berdatangan ke Kota Malang meskipun beberapa Perguruan Tinggi belum mulai menerapkan sister perkuliahan secara luring. Kemacetan akan semakin diperparah dengan dimulainya perkuliahan blanded learning yang mengharuskan sebagian mahasiswa menjalani perkuliahan luring mulai Februari 2022 nanti.

“Upaya (penerapan) ganjil-genap masih dalam kajian. Itu kan masih Forum Lalu Lintas jadi kami masih belum merekomendasikan,” tukasnya.

 

 

Pewarta: Lutfia
Editor: Ubaidhillah 

    Kanal Terkait