Pemkot Kediri Tingkatkan Kualitas Satgas PPA | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pemkot Kediri Tingkatkan Kualitas Satgas PPA
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Pemkot Kediri Tingkatkan Kualitas Satgas PPA

SATUKANAL.com, KEDIRI – Pemerintah Kota Kediri meningkatkan kualitas peran dan fungsi para anggota Satuan Tugas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) di Kantor Kecamatan Kota Kediri, Kamis (19/11/2020).

Peningkatan kualitas tersebut memang perlu dilakukan untuk mencegah dampak negatif yang di akibatkan oleh kekerasan pada rumah tangga. Selain berdampak kepada korban perempuan juga berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

“Hal ini mengingat kekerasan terhadap perempuan dan anak seringkali terjadi di lingkungan domestik (rumah tangga). Dibandingkan yang terjadi di lingkungan umum atau komunitas,” kata Camat Kota Kediri Jawa Timur, Heri Purnomo, kepada Satukanal.com, Kamis (19/11/2020).

Baca Juga :  Mengenang Keistimewaan KH Abdul Madjid Ponpes Wahidiyah Kedunglo

Dikatakan, kekerasan yang dihadapi oleh perempuan dan bukan hanya berbentuk fisik. Namun juga dapat berbentuk kekerasan psikis, seksual, dan pelantaran.

Menurut Heri, Satgas PPA harus mempunyai fungsi akses lebih dekat terhadap perempuan dan anak, ketika mengalami permasalahan, mengidentifikasi kondisi, dan pelayanan yang dibutuhkan.

“Maka dari itu, kami berharap kepada teman-teman Satgas PPA bisa berkomunikasi, mensosialisasikan, mengingatkan kepada para orang tua untuk menjaga anak-anaknya, sekaligus mengontrol tindakan menyimpang agar tidak terjadi tindakan kekerasan,” terangnya.

Baca Juga :  Kyai Karismatik Wahidiyah Meninggal Dunia

Herri juga mengungkapkan, setelah mengikuti Bimtek, para Satgas PPA mendapatkan hasil materi dan hasilnya mampu mencegah dan menekan angka kekerasan PPA di wilayah Kota Kediri.

Diketahui, dalam kegiatan ini diikuti oleh Satgas PPA di masing-masing Kelurahan yang ada di Kecamatan Kota Kediri dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Seandainya terjadi tindakan kekerasan, maka Satgas PPA ini siap untuk melakukan pendampingan terhadap korban dalam rangka memberikan rasa aman. Nah, tindakan pendampingan seperti ini ada dalam materi bimtek ini,” tutupnya.

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait