SATUKANAL.COM
Pemkot Kediri, Raih Penghargaan Status Kinerja Sangat Tinggi dari Kemendagri
BERITA STRAIGHT NEWS

Pemkot Kediri Raih Penghargaan Status Kinerja Sangat Tinggi dari Kemendagri

Satukanal.com, Kediri – Pemerintah Kota Kediri mendapat skor 3,4198 dengan status kinerja sangat tinggi berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2018.

Lantaran hal tersebut menjadi sebuah prestasi diberikan oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) yang sebelumnya  memperoleh skor 3,2769.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sebagai yang mewakili, menyerahkan piagam penghargaan tersebut kepada Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (16/10/2020).

Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar mengatakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saat sekarang ini sangat memahami SOP, tujuan pekerjaan, dan lebih terarah. Di tambah lagi saat ini sedang berjalan mengingkatkan percepatan-percepatan sistem pelayanan digital.

“Contohnya kita sudah mulai melakukan pelayanan secara online. Lalu sistem keuangan kita juga sudah mulai berubah saat ini bisa update. Nah itu membuat pemangku kebijakan bisa mengambil kebijakan lebih cepat. Sehingga LPPD-nya pasti akan berdampak lebih bagus,” kata Abu.

Hasil positif ini, menurutnya berkat kerjasama kolaborasi yang baik dari seluruh OPD yang ada di Pemkot Kediri. Diharapkan untuk kedepan sistem akan semakin lebih baik.

“Saat ini kan sistem pemerintah juga sudah mulai berbasis elektronik yaitu SPBE. Maka patokan kita sekarang harus jauh lebih fokus terhadap apa yang akan kita jalankan bersama. Jadi mestinya akan semakin mudah. Karena pasti kita berbicaranya adalah based on data. Tantangannya mau nggak mau kita harus paham tentang IT sedikit-sedikit. Jadi kita nanti kinerjanya pasti akan seperti itu,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, dalam pelayanan digital nanti akan memudahkan akses data untuk masyarakat. Kedepan semua informasi akan disajikan dan akses, seperti industri dan pertanian.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Kota Kediri, Paulus Luhur mengatakan meskipun saat ini menyandang status kinerja sangat tinggi, namun masih ada beberapa hal yang harus dibenahi untuk terus mempertahankan prestasi ini.

“LPPD ini yang dinilai detail. Tidak hanya dilihat capaiannya saja tetapi juga dukungan data yang nampak. Jadi tidak dilihat hasilnya saja, tapi juga proses menuju keberhasilan seperti apa. Kita prosesnya sudah bagus hanya ada beberapa saja yang perlu kita benahi,” tutupnya.

Pewarta : Anis Firmansyah

Editor : Redaksi Satukanal

  • -

Kanal Terkait