Pemkab Malang Tingkatkan Mutu Guru dengan Cara Adakan Lomba - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
2023 Jadi Gelombang Pensiun GTK Terbanyak, Pemkab Malang Ajukan 2.122 Guru Non PNS Masuk PPPK
Kanal Straight

Pemkab Malang Tingkatkan Mutu Guru dengan Cara Adakan Lomba

Satukanal.com, Malang – Pemerintah Daerah Kabupaten Malang kembali memberikan penghargaan kepada Guru dan Kepala Sekolah yang telah berdedikasi tinggi memajukan dunia pendidikan melalui Lomba Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi Tahun 2021.

Beberapa waktu yang lalu tim penilai dari Pengawas PAUD, SD dan SMP melakukan penilaian portofolio kepada sebanyak 199 peserta Lomba yang tahun ini diadakan secara daring. Penilaian portofolio meliputi sertifikat seminar, lama mengajar, kepimilikan karya tulis seperti artikel media massa, dan Penelitian Tindakan Kelas.

“Portofolio merupakan kumpulan bukti fisik yang menggambarkan pengalaman berkarya selama menjalankan tugas profesi sebagai guru,” ujar anggota tim penilai lomba guru berprestasi jenjang SMP, Siti Umasitah.

Baca Juga :  Percepatan Vaksinasi Kabupaten Malang Mulai Sasar Pesntren dan Rumah Ibadah

Dijelaskan, setelah peserta mengikuti penilaian portofolio, mereka juga melewati penilaian selanjutnya yakni tes tulis, presentasi PTK, dan wawancara.

“Tidak ada kunjungan untuk tahun ini dikarenakan pandemi. Jadi setelah tes tulis akan dipilih enam besar untuk presentasi PTK dan wawancara. Setelah itu akan dililih juara serta juara harapan 1,2, dan 3. Juara satu dari masing-masing jenjang akan diikutsertakan pada lomba guru dan kepala sekolah berprestasi tingkat provinsi,” kata dia.

Sementara itu, Kasi Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar, Deneg Hini Nurbayani mengatakan lomba ini terdiri dari dua perlombaan. Meliputi lomba guru TK, SD dan SMP juga lomba kepala sekolah SD dan SMP. Secara rinci jumlah peserta yang mengikuti lomba menurutnya pada jenjang guru TK sebanyak 33 orang, guru SD 33 orang, Guru SMP 67 orang, Kepala Sekolah TK 33 orang dan Kepala Sekolah SD 33 orang.

Baca Juga :  Pemkab Malang Pangkas Mamin dan Perdin ASN

“Masing-masing kecamatan mengirimkan satu guru TK, SD dan Kepala Sekolah. Khusus untuk jenjang SMP hanya guru. Kami berharap peserra lomba dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya,” ucapnya.

Kemudian, Kepala Bidang Tenaga Teknis Kependidikan, Adiono berharap lomba ini bisa memotivasi dan meningkatkan profesionalisme dalam peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Malang.

Pewarta: Wildan Agta 
Editor: Ubaidhillah

    Kanal Terkait