Pemkab Malang Tiba-Tiba Ingin Kelola Hutan, Mau Dibuat Apa? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pemkab Malang Tiba-Tiba Ingin Kelola Hutan, Mau Dibuat Apa?
BERITA Kanal Highlight

Pemkab Malang Tiba-Tiba Ingin Kelola Hutan, Mau Dibuat Apa?

Satukanal.com, MalangPemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang kini tengah serius mengelola kawasan hutan. Pengelolaan hutan yang ingin dilakukan Pemkab Malang sejalan dengan rencananya untuk memasukkan kelapa sawit sebagai komoditas baru yang ditanam di kawasan Malang Selatan.

Melalui keterangan Wahyu Hidayat selaku Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang menjelaskan bahwa, terkait pengelolaan kawasan hutan di wilayah Kabupaten Malang hingga kini masih ada pada tahap pembahasan.

Sementara itu, Wahyu mengatakan pihak Pemkab Malang akan menggandeng tim pakar yang terdiri dari perusahaan media, Lembaga swadaya masyarakat (LSM), para akademisi hingga advokat untuk melakukan kajian atas rencana pengelolaan kawasan hutan.

Pernyataan Pemkab Malang yang ingin mengelola kawasan hutan di Kabupaten Malang yang sebelumnya ada pada pengelolaan pihak Perhutani, membuat suatu rencana yang dirasa cukup tiba-tiba.

Baca Juga :  Hafalan Al-Qur'an Antarkan Mahasiswa UMM Ke Turki

“Ini tentang tumpang tindih aturan Perhutani dengan Pemda, bukan terkait tukar guling dan lain-lain” jelas Wahyu melansir dari laman Malangtimes.

Pada periode kedua masa jabatan Bupati Malang HM Sanusi, dirinya juga telah merencanakan para investor bergerak di bidang pabrik sawit yang akan masuk di kawasan Malang Selatan.

Rencana pengembangan perkebunan sawit di Malang Selatan juga sempat mendapatkan penolakan dari masyarakat setempat.

Penolakan dari warga tersebut didasarkan pada wilayah Malang Selatan yang masih sulit mendapatkan pasokan air. Sementara, jika akan menanan tanaman sawit membutuhkan banyak sekali air.

Beberapa masyarakat pun juga beranggapan bahwa, rencana Pemkab Malang terkesan sangat tiba-tiba. Masyarakat setempat pun juga nampak kawatir dengan keputusan Pemkab yang seolah mengabaikan kepentingan dari masyarakat.

Baca Juga :  Melegakan! Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 Kota Malang Alami Peningkatan

Namun, Pemkab Malang menepis hal tersebut dan mengklaim bahwa langkah yang diambil Pemkab untuk pengelolaan hutan nantinya dapat meningkatkan perekonomian warga setempat.

Terkait dengan penataan konsep, Wahyu menyampaikan bahwa nantinya hal tersebut akan mengacu pada aturan yang telah dibuat oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

“Tetap, kami akan sesuaikan dengan Kementerian LHK. Jadi kalau aturannya tidak boleh diubah ya tidak akan kami ubah” ungkap Sekda Kabupaten Malang.

Sementara itu, mengenai rencana Pemkab Malang untuk pengembangan perkebunan sawit telah mendapatkan restu dari pemerintah pusat namun, restu tersebut masih dalam taraf diskusi dengan para pakar.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait