Pemkab Malang Siapkan 10 Persen PAD untuk Sektor Keagamaan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pemkab Malang Siapkan 10 Persen PAD untuk Sektor Keagamaan
BERITA

Pemkab Malang Siapkan 10 Persen PAD untuk Sektor Keagamaan

Satukanal.com, Malang – Pada sektor Keagamaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang akan menyalurkan 10 persen Pendapatan Asli Daerah (PAD) nya.

Besaran PAD pada sektor Keagamaan dilakukan untuk pembangunan tempat peribadahan, karena sebagian besar penduduk Kabupaten Malang yang turut menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah para umat beragama.

“Sebelumnya belum ada, sudah saya sampaikan saat rapat RPJMD lalu, PAD yang dihasilkan, saya usulkan 10 persennya untuk keagamaan,” ujar Bupati Sanusi.

Bupati Sanusi menekankan agar nantinya program untuk mengedepankan kegiatan beragama di Kabupaten Malang dapat berjalan dan bukan sekedar omong kosong. “Kita wajib membantu dengan penyaluran yang proporsional, misal PAD kita Rp800 milliar, berarti Rp80 milliar untuk keagamaan,” ungkap Sanusi.

Persiapan 10 persen PAD yang diberikan untuk sektor Keagamaan, Bupati Sanusi menyampaikan bahwa, hal tersebut dilakukan guna mewujudkan wilayah Kabupaten Malang sebagai Malang Makmur.

Baca Juga :  5 Pantai di Malang Punya Ombak Ciamik Cocok Untuk Surfing

Apabila ingin menjadikan Kabupaten Malang Makmur, hal pertama yang harus dilakukan yakni dengan memperkuat pondasi pendidikan agama, organisasi agama hingga tempat ibadahnya.

“Saat ini sedang diusulkan dan akan berproses menuju Malang makmur, pondasikan dulu pada pendidikan agamanya, organisasi agama hingga tempat peribadahan,” ujarnya.

Bupati Sanusi berharap, dengan adanya keinginan berhijrah ini, Kabupaten Malang akan diberkahi ke depannya. Sebab bertumpu pada nilai-nilai dasar keagamaan.

Sementara itu, Mustain selaku Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang juga menyampaikan prihal usulan Bupati Sanusi sebagai bentuk keseriusannya untuk memperkuat sektor keagamaan.

“Mengenai usulan pak Bupati, akan kami koordinasikan dengan pihak-pihak terkait seperti organisasi keagamaan agar dapat dijadikan bahan pertimbangan dan pelaksanaannya dapat tepat sasaran, dapat dipertanggung jawabkan secara akuntable,” jelasnya.

Baca Juga :  Pameran Seni Rupa di DPRD Kota Malang Berakhir

Sebagai informasi, Pada tahun 2021 ini, Pemkab Malang menargetkan PAD diprediksi akan mengalami peningkatan. Hal tersebut sempat disampaikan oleh Buapti Sanusi pada rapat koordinasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Guna merealisasikan peningkatan PAD pada tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19 ini, Bupati Malang Sanusi menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk menerapkan sistem kerja 4K.

Sistem kerja 4K tersebut meliputi, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas. “Sudah saya canangkan, nanti semua staf Pemkab Malang kerjannya harus memakai rumusan 4K. Pertama kerja keras, kedua kerja cerdas, ketiga kerja ikhlas dan terakhir kerja tuntas.

Dengan cara tersebut, Bupati Sanusi optimis bahwa PAD tahun 2021 akan kembali meningkat meski Kabupaten Malang masih dalam situasi pandemi Covid-19.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska 
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait