Pemkab Malang Gandeng PT Telkom Wujudkan Digitalisasi di Sektor Pertanian - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pemkab Malang Gandeng PT Telkom Wujudkan Digitalisasi di Sektor Pertanian
Kanal Straight

Pemkab Malang Gandeng PT Telkom Wujudkan Digitalisasi di Sektor Pertanian

Satukanal.com, Malang – Di era modern seperti sekarang, tantangan sektor pertanian ke depan tentunya akan lebih kompleks. Sektor pertanian juga merupakan salah satu bidang unggulan yang ada di Kabupaten Malang.

Oleh Karena itu, Pemerintah Kabupaten Malang melakukan kerjasama dengan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, untuk mendorong digitalisasi pada sektor pertanian di Kabupaten Malang.

Dalam hal ini PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, sebagai penyedia layanan Platform Agree Suites, nantinya dapat mewujudkan keberhasilan pembangunan sektor pertanian yang berdaya saing.

Karena banyaknya kawasan yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai lahan pertanian, Bupati Malang Sanusi menyambut baik kerja sama ini. Ia berharap kerjasama ini dapat dijadikan pintu masuk untuk bersiap-siap memasuki era digital.

“Untuk itu, kami terus memacu untuk meningkatkan sektor pertanian kami. Banyak prestasi yang diraih dalam bidang pertanian. Melalui berbagai inovasi dalam meningkatkan produktivitas pertanian” jelasnya.

Baca Juga :  Pemkab Malang Tingkatkan Mutu Guru dengan Cara Adakan Lomba

Dipilihnya pertanian kata Sanusi, karena Kabupaten Malang memiliki potensi luar biasa. Mulai dari Pertanian padi, jagung, singkong dan aneka perkebunan. “Sementara ini untuk produk pertanian khususnya di kabupaten Malang dan jangkauannya sangat luas,” ujarnya.

Syaifudin selaku Executive Vice President Divisi Business Service Telkom mengatakan, kerja sama ini merupakan komitmen PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, dalam mewujudkan kepentingan iklim masyarakat digital yang berbasis teknologi informasi di bidang pertanian.

“Platform ini akan kita kembangkan mulai dari pertanian dan nanti ada sektor perikanan, peternakan, tapi untuk saat ini kita hadir terutama untuk produk pertanian agar bisa membantu petani untuk berkolaborasi dengan akses pasar lebih luas,” jelasnya.

Pada acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tersebut turut dihadiri Executive Vice President Telkom Regional 5, Pontjo Suharwono, dan Executive Vice President Divisi Business Service Telkom Syaifudin, serta Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Pemkab Malang, dan sejumlah pejabat terkait.

Baca Juga :  11 Ribu Dosis Vaksin Modena Segera Disuntikkan Nakes di Kota Malang

Sebagai informasi, sebelumnya Pemkab Malang telah melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan pendapatan para petani Kabupaten Malang. Salah satunya dengan, proses penyilangan buah alpukat pameling yang dilakukan oleh Dinas Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan Kabupaten Malang.

Selain itu, para petani yang ada di wilayah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, juga telah melakukan ekspor komoditas hortikultura ke berbagai negara seperti ke Vietnam, Singapura, hingga Taiwan.

Upaya untuk meningkatkan kinerja sektor pertanian, Pemkab Malang juga menyediakan bantuan peralatan pertanian seperti pembangunan cold storage, penyaluran bibit tanaman, termasuk pemberian pelatihan kepada para petani yang ada di Kabupaten Malang.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait