Pemkab Kediri Gelar Operasi Pasar Cabai Murah, Total 300 Kilogram - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pemkab Kediri Gelar Operasi Pasar Cabai Murah, Total 300 Kilogram
STRAIGHT NEWS

Pemkab Kediri Gelar Operasi Pasar Cabai Murah, Total 300 Kilogram

Satukanal.com, KediriPemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri menyediakan sebanyak 300 Kilogram atau 3 Kwintal dalam kegiatan operasi pasar cabai murah di halaman Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopusmik) Kabupaten Kediri.

Kegiatan operasi pasar cabai murah diharga 50 ribu per Kilogram, digelar secara perdana dengan jumlah ketersediaan kupon sebanyak 200 lembar. Dan ditujukan bagi para pelaku para pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kediri.

“Semoga bisa berdampak positif bagi pelaku UMKM. Mereka tidak harus bangkrut karena kenaikan harga cabai. Kita (Pemerintah) akan terus menjaga agar harganya tetap stabil,” kata Bupati Kediri Hanindito Himawan Pramono, kepada awak media Satukanal.com, Jumat 12 Maret 2021.

Baca Juga :  Aksi Damai Jurnalis Kediri, Kecam Keras Tindak Kekerasan Wartawan di Surabaya

Dia juga mengungkapkan, kegiatan operasi pasar cabai murah sengaja dilakukan untuk membantu para pelaku UMKM. Dengan tingginya fluktuasi harga cabai saat ini, diharapkan para pelaku UMKM masih tetap bertahan dan mendapatkan keuntungan.

Menurutnya, prediksi harga cabai akan mengalami puncak fluktuasi kenaikan di bulan April, hingga Mei, dengan harga mencapai 150 ribu rupiah. Maka yang bisa dilakukan Pemkab Kediri, melakukan operasi pasar dengan harga yang terjangkau bagi para pelaku UMKM.

“Mekanismenya, kita bagikan kupon 1 hari sebelum operasi pasar. Biasanya Diskopusmik sudah tau pengguna sasaran seperti sambel pecel, warung, UMKM Pecel. Dengan pengambilan cabai maksimal 5 kg,” terangnya.

Baca Juga :  Kerugian Pemegang Polis Bumiputera Kanwil Kediri Hingga 1 Triliun

Bahan dari operasi pasar cabai murah ini didatangkan dari para petani cabai di wilayah Kecamatan Puncu dan Kepung. Yang merupakan wilayah produksi cabai terbesar di Kabupaten Kediri. Selanjutnya, kegiatan operasi pasar ini akan dilakukan evaluasi dengan melihat antusiasme dari para peserta pelaku UMKM.

“Melihat dulu antusiasme dari para pelaku UMKM yang hadir. Ada yang minta setiap hari, satu bulan sekali, kita lihat dulu kedepannya seperti apa. Habis ini akan saya putuskan untuk dievaluasi,” pungkasnya.

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait