Pemkab Kediri Dukung Pengembangan Potensi Wisata Goa Jegles - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
IMG20220113114037-14e48001
BERITA Kanal Straight

Pemkab Kediri Dukung Pengembangan Potensi Wisata Goa Jegles

Satukanal.com, Kediri – Wisata Goa Jegles menjadi salah satu warisan sejarah di Desa Keling Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono, saat melakukan kunjungannya di Desa Keling Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri, Kamis (13/1/2022).

Tempat wisata yang sedang ramai dikunjungi ini dikatakan, pada zamannya dibuat sebagai pertapaan di era kerajaan Kediri.

“Setelah dilihat kebawah, tadi ternyata ada kontur sebuah sebutannya arung membentuk semacam goa. Jaman dulunya digunakan untuk pertapaan,” kata Hanindhito.

Dia mengungkapkan situs Pertapaan ini sudah disulap menjadi tempat wisata yang menarik minat masyarakat.

Bahkan, Obyek wisata, Goa Jegles, yang berlokasi, di Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri sempat viral di media sosial.

Dalam kunjungan ini, Bupati Kediri, yang akrab disapa Mas Dhito, siap memberikan dukungan untuk pembangunan akses jalan masuk menuju wisata Goa Jegles.

“Tahap pengembangan selanjutnya perlu dilakukan Program Pavingisasi. Memang di sini sudah ada Pavingisasi itu, tapi area yang dipaving itu perlu diperluas lagi sehingga pengunjung bisa lebih nyaman saat datang ke sini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Keling, Rofi’i Lukman mengatakan, jika tempat wisata ini, baru dibuka sejak tahun 2019.

Saat itu, sejumlah pemuda dan dibantu masyarakat setempat, membersihkan Goa Jegles dari banyaknya sampah, pecahan kaca dan semak belukar yang menutup gua sejak 20an tahun lamanya.

” Ini juga sebagai salah satu langkah pengenalan potensi wisata River Tubing di Goa Jegles, dan peningkatan ekonomi masyarakat setempat,” pungkasnya.

 

 

 

Pewarta : Anis Firmansyah 

Editor : John

    Kanal Terkait