Pemkab Jombang Launching Dermaga Kencana - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pemkab Jombang Launching Dermaga Kencana
Bupati Jombang saat hadir dalam launching Dermaga Kencana di gedung Bung Tomo (Foto: Dokumentasi Pemkab Jombang)
ADV

Pemkab Jombang Launching Dermaga Kencana

Satukanal.com, Jombang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas PPKB dan PPPA) launching Dermaga Kencana.

Lantas, sebenarnya apa itu Dermaga Kencana? Dermaga kencana adalah Kemasyarakatan, Keagamaan, Keluarga Berencana yang kemudian disingkat Dermaga Kencana.

Kemudian,  apa saja tugas dari Dermaga Kencana ini? Kader Dermaga Kencana merupakan kader yang dibentuk oleh Dinas PPKB dan PPPA Kabupaten Jombang dengan anggota yang terdiri dari terdiri dari Kader Kemasyarakatan, Kader Keagamaan dan Kader Keluarga Berencana (KB).

Disebutkan bahwa jumlah Dermaga Kencana di Kabupaten Jombang yakni 2044 orang. Sedangkan, tujuan dibentuknya Dermaga Kencana ini untuk membantu percepatan pelaksanaan program pemerintah. Dalam hal ini BKKBN yakni Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana atau yang disingkat (Bangga Kencana) di Kabupaten Jombang.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab, dalam pengarahannya mengulas sejarah bagaimana masuknya program KB di Kabupaten Jombang di era tahun 1976. Muncul penolakan dari para Kyai kala itu, tutur Mundjidah Waha yang pada masa itu menjadi anggota DPRD Kabupaten Jombang.

Baca Juga :  Yuk Coba!!! Ngopi Seru Ala-ala Pedesaan di Angkringan Ndeso Jombang

“Namun berkat adanya kolaborasi, sinergitas yang baik Program KB dapat diterima dimasyarakat. Program KB bukanlah membatasi, namun mengatur kelahiran,” ucap Bupati Mundjidah Wahab saat launching yang ditandai dengan penyematan tanda peserta Pembinaan Kader di Ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang, Senin (8/11/2021).

Selanjutnya, demikian dengan masalah kependudukan yang dihadapi saat ini, baik aspek pengendalian penduduk, kualitas penduduk dan penyebarannya merupakan tanggung jawab pemerintah bersama semua elemen masyarakat Kabupaten Jombang.

“Semuanya harus berkolaborasi, bersinergi dan mendukung suksesnya program program yang ada,” tambahnya.

Selain itu, ada pula program andalan dari Badan Kependudukan dan keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yaitu Bangga kencana. Program ini bertujuan untuk memperlambat atau menekan laju pertumbuhan penduduk Indonesia dengan harapan dapat meningkatkan kualitas keluarga di Indonesia, melalui kampanye program Keluarga Berencana (KB).

Baca Juga :  Mensos Risma Serahkan Bantuan ke Anak Yatim Piatu Korban Covid-19 Di Blitar

“Pemkab Jombang sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan program Dermaga Kencana dan Bangga Kencana oleh Dinas PPKB dan PPPA Kabupaten Jombang, yang telah berhasil membina dan mengembangkan kampung KB sebagai upaya mewujudkan kampung keluarga berkualitas, yang mampu mengimplementasikan 8 fungsi keluarga,” ungkapnya.

Lebih lanjut, seperti halnya fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta dan kasih sayang, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi lingkungan, sehingga mampu mewujudkan masyarakat yang sadar tentang pembangunan berwawasan kependudukan.

“Dengan adanya integrasi lintas sektor dan mitra kerja, Program Dermaga Kencana dan Bangga Kencana di Kabupaten Jombang semakin dapat dirasakan oleh warga Jombang sebagai suatu upaya bersama untuk mewujudkan masyarakat yang bahagia, sejahtera, berkarakter dan berdaya saing,” pungkasnya. (Adv)

    Kanal Terkait