Pemkab Bondowoso Siapkan Rp 23,8 M Gusur PKL dan Radio Mahardika | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Pemkab Bondowoso Siapkan Rp 23,8 M Gusur PKL dan Radio Mahardika

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso berencana merevitalisasi Alun-Alun RBA Ki Ronggo dan menggusur pedagang kaki lima (PKL) serta Radio Mahardika. Rencana tersebut akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan tahun 2020 dan tahap kedua tahun 2021.

Konsultan perencana pembangunan alun-alun Arif Nurahman mengatakan, area alun-alun nantinya akan steril dari gedung-gedung dan tempat parkir. Rencananya, gedung Radio Mahardika dan kafe milik Pemkab bakal digusur. Area tersebut akan menjadi salah satu pintu masuk alun-alun.

Begitu pula dengan stan PKL. Sebab, area tersebut akan dialihfungsikan menjadi area olahraga dan taman bermain.

“Jadi, memang dikembalikan ke fungsi awal bahwa alun-alun sepenuhnya untuk RTH (ruang terbuka hijau). Jadi, tidak ada gedung dan tempat parkir,” papar Arif.

Lahan parkir di depan Masjid At-Taqwa, jelas dia, nantinya juga akan diubah menjadi taman. Oleh sebab itu, area parkir akan disebar di beberapa titik jalan raya, seperti di Jalan PB Sudirman dan Jalan RE Martadinata.

“Kami ingin alun-alun jadi ikon Bondowoso. Tentu pekerjaannya harus berkualitas. Menjadikan alun-alun sebagai RTH, titik kumpul, area edukatif, dan area olahraga ringan,” ungkapnya.

Pembangunan alun-alun tersebut terbagi menjadi lima zona. Yakni hutan kota tematik, amphitheater (gelanggang terbuka pertunjukan seni), area olahraga ringan, air mancur tematik, air mancur, dan taman bermain.

Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Bondowoso telah melaksanakan uji publik pembangunan Alun-Alun RBA Ki Ronggo kepada beberapa pihak terkait di aula DLPH, Senin (16/12) kemarin. Secara keseluruhan akan  ada 11 macam pembangunan fasilitas yang bakal menghabiskan anggaran sebesar Rp 23,8 miliar.

Kanal Terkait