Fokus Penanganan Covid-19, Pemkab Blitar Siapkan Isoter di Kecamatan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Fokus Penanganan Covid-19, Pemkab Blitar Siapkan Isoter di Kecamatan
akil Bupati Blitar H Rahmat Santoso, S.H, M.H menggelar acara koordinasi tentang penanganan Covid -19 (Foto: Dokumentasi Pemkab Blitar)
BERITA Kanal Straight

Fokus Penanganan Covid-19, Pemkab Blitar Siapkan Isoter di Kecamatan

Satukanal.com, Blitar – Di masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Kabupaten Blitar masih belum menunjukan adanya penurunan level, karena masih berada di level 4.

Meskipun masih belum turut level, Pemerintah Kabupaten Blitar mengimbau seluruh masyarakat untuk selalu tertib mematuhi protokol kesehatan (prokes) serta melakukan vaksinasi.

Selain mengimbau pentingnya penerapan prokes dan vaksinasi, Pemkab Blitar diwakili oleh Wakil Bupati Blitar H Rahmat Santoso, S.H, M.H menggelar acara koordinasi membahas tentang penanganan Covid -19 dan Isolasi Terpadu (Isoter) dengan perangkat Desa Ponggok bertempat di Kecamatan Ponggok.

Pria yang kerap disapa Mak Dhe Rahmat menjelaskan, dengan adanya perpanjangan PPKM Darurat hingga 30 Agustus masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan aturan pemerintah. “Kita masih belum turun level,” ungkap Mak Dhe Rahmat.

Baca Juga :  PTM Terbatas 50 Persen Dimulai Serentak di Kabupaten Kediri

Sebab, pelaksanaan PPKM Darurat level 4 yang kembali diperpanjang masih menggunakan aturan yang sama dengan sebelumnya. “Sesuai dengan aturan yang kemarin, warung, pedagang kaki lima semua tutup pukul 8 malam. Sedangkan untuk tempat wisata masih belum kita buka,” jelasnya.

Wabup Blitar juga menyebutkan, jika selama pelaksanaan PPKM Darurat Pemkab Blitar dan Forkopimda memberikan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat.

Diketahui, angka kematian di Kabupaten Blitar masih tinggi. Oleh sebab itu, Pemkab Blitar mengimbau agar masyarakat yang terpapar Covid-19 untuk melakukan isolasi di Isoter ataupun LEC Garum. “Untuk isolasi tidak boleh di rumah masing-masing sekarang kita sudah menyiapkan Isoter untuk wilayah barat yang ada di RSUD Srengat,” ungkapnya.

Baca Juga :  Genjot Pariwisata di Desa Serang, Pemkab Blitar Gelar Rakor Persiapan 50 Besar ADWI

Mak Dhe Rahmat menyampaikan, jika kedua tempat isolasi terpusat penuh, Pemkab Blitar juga tengah mempersiapkan tempat Isoter lain di beberapa Kecamatan. “Pemerintah juga tengah mempersiapkan tempat Isoter lain di Kecamatan, yang akan kami bahas terkait dengan anggaran,” jelasnya.

Sementara itu, Medi Wibawa selaku Komisi IV, juga mendukung kebijakan pemerintah daerah salah satunya untuk menyediakan lokasi isolasi di Kecamatan. “Terus mendukung kebijakan pemda kalau LEC dan Isoter penuh kami pindahkan di kecamatan tetapi harus dibahas dengan baik mulai dari anggaran, sarana dan prasana sehingga hasilnya maksimal, “pungkasnya.

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait