Pemkab Blitar Luncurkan Mobil WINGS untuk Pertolongan Pertama Ibu Melahirkan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Lauching Mobil WINGS oleh Bupati Blitar (Gilang Bachtiar/satukanal)
BERITA Kanal Straight

Pemkab Blitar Luncurkan Mobil WINGS untuk Pertolongan Pertama Ibu Melahirkan

Satukanal.com, Blitar – Pemerintah Kabupaten Blitar melaunching sebuah mobil darurat sebagai kendaraan pertolongan pertama pada ibu melahirkan, anak dan korban kecelakaan. Mobil ini dinamai Wlingi Emergency Medical Services (WINGS).

Bupati Blitar, Rini Syarifah mengatakan, Mobil WINGS bisa digunakan untuk pertolongan pertama bagi ibu, anak, ibu melahirkan, dan kedaruratan seperti kecelakaan lalu lintas. “Mobil pelayanan kesehatan WINGS ini merupakan inovasi luar biasa dari RSUD Ngudi Waluyo,” kata Mak Rini, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga :  Truk Muatan Kayu Tabrak Gapura hingga Ambyar

Dikatakannya, mobil pelayanan kesehatan WINGS dapat mempercepat penanganan medis di masyarakat. Mobil tersebut dilengkapi dengan sejumlah fasilitas kesehatan.

“Mobil ini lebih ke medis untuk percepatan penangan medis kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Direktur RSUD Wlingi, dr Endah Woro Utami menambahkan Mobil WINGS dilengkapi semua peralatan kesehatan standar untuk ambulans. Contohnya, oksigen, alat persalinan, dan obat-obatan sudah disiapkan di dalam mobil.

“Kami siapkan empat unit Mobil WINGS. Kami juga kerja sama dengan Camat, Kepala Desa, dan relawan Save Blitar. Kami melatih relawan untuk pertolongan di awal,” katanya.

Baca Juga :  Klenteng Poo An Kiong Blitar Terbakar, 10 Unit Mobil Damkar Dikerahkan

Dikatakannya, masyarakat bisa mengakses mobil pelayanan kesehatan WINGS melalui call center.

“Untuk tenaga medis, kami menyiapkan 10 dokter, 22 perawat, dan empat sopir. Mereka sudah kami latih dan siap mengoperasikan mobil pelayanan kesehatan WINGS,” ujarnya.

 

 

Pewarta: Gilang Bachtiar
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait