Turunkan Angka Sebaran Covid-19, Pemkab Blitar Beri Perhatian Khusus Bagi Ponpes - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Turunkan Angka Sebaran Covid-19, Pemkab Blitar Beri Perhatian Khusus Bagi Ponpes
Bupati Blitar meresmikan dan meninjau kesiapan gedung isolasi terpusat di RSUD Srengat (Foto: Humas Pemkab Blitar)
BERITA Kanal Straight

Turunkan Angka Sebaran Covid-19, Pemkab Blitar Beri Perhatian Khusus Bagi Ponpes

Satukanal.com, Blitar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar terus melakukan upaya percepatan vaksinasi Covid-19. Percepatan vaksinasi ini dilakukan sebagai upaya agar herd immunity atau kekebalan tubuh segera terbentuk, sehingga kasus penularan Covid-19 dapat melandai.

Izul Mahrom selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar mengatakan bahwa, Pemkab Blitar menargetkan pelaksanaan vaksinasi kepada warga Kabupaten Blitar akan mencapai 75 persen pada akhir tahun nanti.

Guna mencapai target vaksinasi 75 persen, pelaksanaan program vaksinasi pada masyarakat sekitar pun digencarkan. Diketahui, data warga berusia 12 tahun ke atas yang telah divaksin pada bulan Agustus mencapai 35,9 persen.

Selanjutnya, Pemkab Blitar juga telah memberikan perhatian khusus pada wilayah yang memiliki pondok pesantren agar mendapatkan prioritas pemberian vaksin. Karena, mayoritas pondok pesantren di Kabupaten Blitar saat ini sudah memulai aktivitas belajar mengajar.

Baca Juga :  Jelang Muktamar, Ketum PBNU Sambangi Ponpes Lirboyo

Jika para siswa di pondok pesantren tidak mendapat perhatian khusus, akan ada penularan Covid-19 di pondok pesantren hingga menjadi klaster baru. “Untuk wilayah yang ada pondoknya agar segera dilakukan pelaksanaan vaksin karena pondok sampai saat ini tetap melaksanakan kegiatan belajar dan aktivitasnya,” ujarnya.

Selain gencar melakukan vaksinasi pada warga, Pemkab Blitar juga tak henti-hentinya memberikan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga protokol kesehatan (prokes). Pemakaian masker secara benar menjadi bagian utama sosialisasi prokes ini. Apalagi selama ini masih ada masyarakat yang memakai masker namun saat berbicara dengan orang lain justru diturunkan di dagu.

Baca Juga :  Penumpang Wajib Tes PCR, Simak Syarat Terbaru Naik Pesawat

Diketahui, Pemkab Blitar juga terus mensosialisasikan progam khusus 3T untuk mengetahui pola hidup bersih bagi masyarakat Blitar. Sosialisasi terus dilakukan dengan melibatkan seluruh aparatur sipil untuk penerapan 3T dalam kehidupan bermasyarakat menghadapi pandemi Covid-19. 3T tersebut meliputi, melakukan tes Covid-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien Covid-19 (treatment).

Sebagai informasi, seiring dengan menurunnya kasus, Bed Occupancy Rate (BOR) perlahan juga mulai turun. BOR di RSUD Ngudi Waluyo misalnya, dalam seminggu ini turun drastis di bawah 70 persen. Selain itu juga sudah tidak ada lagi antrian di IGD. Seperti yang terlihat beberapa waktu lalu.

 

 

Pewarta : Viska

Editor : Adinda

Kanal Terkait