Panen Raya Binangun, Pemkab Blitar Apresiasi Kualitas Buah Melon Petani - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Panen Raya Binangun, Pemkab Blitar Apresiasi Kualitas Buah Melon Petani
Bupati Blitar meninjau pelaksanaan panen raya buah melon (Foto: Dokumentasi Pemkab Blitar)
BERITA Kanal Straight

Panen Raya Binangun, Pemkab Blitar Apresiasi Kualitas Buah Melon Petani

Satukanal.com, Blitar – Buah melon kini menjadi primadona di masyarakat. Terbukti dengan jumlah permintaan pasar yang semakin hari semakin tinggi. Hal ini yang memicu petani milenial di Kabupaten Blitar menerjuni budidaya tanaman horti jenis melon.

Di Kabupaten Blitar terdapat dua wilayah penghasil buah melon terbesar berada di wilayah Kecamatan Wates dan Kecamatan Binangun tepatnya di Desa Sumberkembar. Sementara pada Rabu (8/9/2021), Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi Asisten II, Kepala Dinas Pertanian, Camat Binangun dan Muspika melakukan panen raya melon di wilayah Kecamatan Binangun.

Baca Juga :  Launching Layanan OSS, Pemkab Blitar Mudahkan Perizinan Bagi Pelaku Usaha

Kegaitan panen raya melon tersebut turut mendapat apresiasi dari Bupati Rini. Sebab, hasil panen melon milik petani setempat memiliki kualitas yang bagus dan menghasilkan banyak varian. Tak hanya itu, melon asal Kecamatan Binangun telah memasuki beberapa pasar baik lokal maupun di luar wilayah.

“Alhamdulillah melon kita pangsa pasarnya sudah high class termasuk supermaket di Jakarta, Semarang, Surabaya dan beberapa daerah lain dengan varian melon kita yang bagus,” terangnya.

Diketahui, beberapa  jenis melon yang dikembangkan oleh petani milenial Desa Sumberkembar diantaranya, jenis melon Honey putih, Honey kuning, devina  dan adinda dan kini mulai dikembangkan oleh petani Desa Sumber Kembar varietas  melon Japanesa yang rencana untuk uji coba dipasarkan di Malaysia ( negara jiran).

Baca Juga :  Berkat Sinergi Berbagai Pihak, Pemkab Blitar Sabet Penghargaan TPID Berprestasi

Selain itu, guna mengenalkan melon asal Binangun pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya salah satunya mempromosikan melalui media sosial. Selain itu, dengan mengenalkan produk melon di setiap agenda kunjungan kenegaraan.

“Nanti kalau ada agenda kita keluar kota seperti pameran produk lokal teman-teman Gapoktan bisa mengikuti untuk mempromosikan melon,“ jelasnya.

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait