SATUKANAL.COM
BERITA

PEMERINTAHAN Sosialisasi Adminduk Bersama Kemendagri, Bupati Blitar Puji Layanan Prima Dispendukcapil

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar kembali menggelar sosialisasi terkait administrasi kependudukan (adminduk) yang berlangsung di Forastero Hall Kampung Cokelat, Kecamatan Kademangan, Blitar, Kamis (26/09/2019).

Sosialisasi yang membahas kebijakan kependudukan bersama Direktoral Jenderal Dukcapil Kemendagri tersebut merupakan memontum penting, untuk meningkakan tertib administrasi dan mewujudkan layanan prima. Kali ini peserta diikuti oleh stakeholder layanan adminduk di Kabupaten Blitar meliputi camat, kepala desa, dan petugas registrasi desa.

Sosialisasi kebijakan adminduk tersebut dibuka ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Blitar Rijanto didamping Kepala Dispendukcapil Pemkab Blitar Luhur Sejati dan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri Tavipiyono.

Dalam sambutannya, Bupati Blitar Rijanto mengatakan, dengan adanya sosialiasi tersebut, nantinya para peserta yang hadir dapat memberikan pelayanan yang terbaik dengan selalu memberikan motivasi agar masyarakat memiliki dokumen kependudukan yang benar dan akurat.

“Untuk mengatasi kebenaran dan kevalidan data, hendaknya dalam melaporkan atau mendaftarkan data yang benar dan sesuai dengan prosedur, karena masih ditemukan perbedaan data nama, tempat tanggal lahir dan lainnya,” ungkap bupati.

Sebagai informasi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar telah berupaya dalam percepatan dan mendekatkan layanan adminduk dalam bentuk AKAM (akta kematian terbit sebelum pemakaman), Al Asar (akta kelahiran terbit sebelum sepasar), E-Siap (layanan mandiri pengurusan adminduk lewat HP pemohon), ATM (anjungan tutul mandiri), dan TLA (tempat layanan adminduk di wilayah barat dan wilayah timur).

Adanya terobosan baru layanan di bidang adminduk tersebut terbukti memiliki dampak positif untuk perkembangan layanan kependudukan di Kabupaten Blitar. Di antaranya meningkatkan kualitas demokrasi, mencegah kriminalitas, teroris, TKI ilegal, perdagangan ilegal, serta pelayanan publik lainnya.

Namun, bupati mengimbau kepada peserta agar ke depan semakin aktif memberikan sosialisasi administrasi kependudukan kepada masyarakat di lingkungannya. “Karena para stakeholder layanan adminduk di Kabupaten Blitar yang hadir nantinya segera megoptimalkan sosialisasi langsung kepada para pemohon melalui organisasi kepemudaan, OSIS, organisasi keagamaan semisal Muslimat dan Fatayat. Ini penting agar layanan adminduk di Kabupaten Blitar semakin prima,” tandasnya. (kmf)

Kanal Terkait