Pemerintah Pastikan Harga Minyak Goreng dan Sembako Turun Usai Tahun Baru - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
pemerintah minyak goreng
Salah satu pedagang sembako di Pasar Pahing, Kecamatan Pesantren Kota Kediri (Foto: Anis Firmansyah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Pemerintah Pastikan Harga Minyak Goreng dan Sembako Turun Usai Tahun Baru

Satukanal.comNasional Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut harga berbagai komoditas termasuk minyak goreng akan menurun usai tahun baru 2022,

Adanya kenaikan itu, pemerintah terus berupaya melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga komoditas yang belakangan melonjak.

Hal itu juga dipastikan oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan. “Untuk telur dan minyak goreng akan terkoreksi menurun setelah tahun baru,” ungkap Oke.

Oke mengatakan, pemicu turunnya harga minyak goreng dipengaruhi oleh turunnya harga Crude Palm Oil (CPO) sebagai bahan baku produksi minyak goreng. Sedangkan, turunnya harga telur dikarenakan menurunnya permintaan telur untuk Bantuan Sosial (Bansos) oleh pemerintah.

Baca Juga :  5 Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil secara Mudah di Rumah

Selain telur dan ayam, Oke yakin penurunan harga juga akan terjadi pada cabai. Penurunan, katanya, akan terjadi seiring datangnya masa panen yang terjadi pada Februari mendatang.

Proyeksi turunnya harga minyak goreng terjadi karena pemerintah mengguyur 11 juta liter minyak goreng seharga Rp 14.000 di pasaran. Saat ini, minyak goreng curah tersebut sudah tersedia di minimarket dan akan diperluas hingga ke pasar tradisional.

Baca Juga :  Bukan Hanya Mata, Organ Tubuh Ini Juga Bisa Didonorkan

Sebagai informasi, pada Oktober 2021, harga minyak goreng mengalami kenaikan. Lonjakan harga minyak goreng tersebut terjadi di berbagai daerah.

Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) mengungkapkan, kenaikan harga minyak goreng disebabkan adanya kekurangan pasokan akan minyak nabati (oils) dan minyak hewani (fats) di pasar global. Kenaikan harga minyak goreng juga disebabkan adanya kenaikan harga minyak sawit atau CPO Indonesia.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait