SATUKANAL.COM
Pariwisata
BERITA STRAIGHT NEWS

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar Percepat Perizinan Usaha Pariwisata

Satukanal.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar terus mendorong percepatan pembangunan industri pariwisata di Kabupaten Blitar.

Kali ini dengan menggelar ‘Bimbingan Teknis Perizinan dan Sertifikasi Usaha Pariwisata’. Bertempat di Rumah Makan Telaga Indah Kanigoro Blitar, kegiatan ini diikuti oleh para pelaku usaha pariwisata, baik dari pihak destinasi, penginapan, perhotelan biro perjalanan wisata maupun kuliner di Kabupaten Blitar, Selasa (24/9/2019).

Bupati Blitar: Izin Akan Kami Fasilitasi dan Tidak Akan Dipersulit

Nampak hadir dalam acara tersebut Bupati Blitar Rijanto, Kepala Dinas Parbudpora Suhendro Winarso. Sementara itu bertindak sebagai pemateri diantaranya Hariyanto, S.Sos, M.Si dari Disbudparprov Jatim, Drs. Hery Setiyon BPC PHRI Prov Jatim, Suyanto, SH DPMPTSP Kabupaten Blitar dan Ruslan, S.Sos, Satpol PP Kabupaten Blitar.

Dalam sambutannya Bupati Blitar Rijanto mengatakan bahwa, pembangunan dunia pariwisata di Kabupaten Blitar berkembang sangat luar biasa. Tentunya kita menyadari bahwa Blitar memiliki berbagai macam potensi wisata baik kota maupun kabupaten. Namun perlu disadari bersama bahwa dalam pengelolaan Blitar masih kalah dengan Bali, Jogjakarta atau kota-kota wisata yang lain.

“Untuk masalah perizinan dan sertifikasi usaha pariwisata ini sangat penting untuk mendukung berbagai pengembangan. Kalau tidak ada izin tentunya akan menjadi masalah. Adanya kegiatan ini dari Disparbudpora tentu kita harus segera merespon dengan postif untuk mempercepat pengembangan pariwisata di Kabupaten Blitar,” terang bupati.

Selain itu, bupati menambahkan, peran pemerintah untuk merangsang tumbuhnya usaha pariwisata di Kabupaten Blitar pihaknya telah membuat suatu program yang dinamakan ‘Olas Kembar: Ojo, Lungo Adoh Sak Durunge Kemput Blitar’. Yakni program paket wisata pelajar yang tujuannya untuk pemerataan kunjungan wisata di Kabupaten Blitar.

“Ini tentunya merupakan program yang sangat bagus, yakni sinergi antara Dinas Pariwisata, Bapparda dan juga Dinas Pendidikan. Harapan kami dari program ini, masyarakat utamanya pelajar jangan sampai rekreasi ke luar kota sebelum tau Blitarnya sendiri, boleh tau Bali tapi harus tau bahwa kita di Blitar juga punya pantai-pantai yang bagus seperti Serang, Tambakrejo, Gayasan Pangi, Jebring, Jolosutro, Peh Pulo dan sebagainya,” urai orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini.

Oleh karena itu, bupati berharap, para pelaku usaha pariwisata. Mengingat pentingnya perizinan usaha adalah untuk kepentingan pelaku usaha dan kepercayaan konsumennya sendiri. “Jadi silahkan para pelaku usaha apapun baik yang bergerak di bidang pariwisata, kuliner, penginapan dan lain sebagainya untuk segera mengurus perizinan. Kami akan mengfasilitasi dan tidak akan mempersulit hal itu dan kami akan melayani sebaik-baiknya,” tegas bupati.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Disparbudpora Kabupaten Blitar Arinal Huda mengatakan, saat ini perkembangan usaha pariwisata baik destinasi, biro perjalanan pariwisata, penginapan, perhotelan kuliner di Blitar sangatlah pesat. Akan tetapi banyak yang belum bersertifikasi atau bahkan ada yang belum berizin.

Jika satu atau dua tahun terakhir kemarin kita dari Disparbudpora memacu bagaimana pariwisata itu tumbuh dan berkembang, sekarang sudah saatnya mereka mengurus perizinan. Kita harapkan dari izin dan lisensi usaha pariwisata akan memiliki daya saing dan memiliki standart pelayanan seperti halnya usaha pariwisata di kota-kota besar seperti Bali, Jogja dan kota wisata lainnya,” tutup Huda.(*)

Kanal Terkait