Pemerintah Arab Saudi Larang Jemaah Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi  - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pemerintah Arab Saudi Larang Jemaah Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi 
Ilustrasi umrah (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Pemerintah Arab Saudi Larang Jemaah Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi 

Satukanal.com, Nasional – Pemerintah Arab Saudi kini telah resmi melarang selfie, fotografi, dan videografi di Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Larangan tersebut diberlakukan untuk menjaga martabat tempat-tempat tersebut.

Melansir laman The Saudi Expat yang dikutip Rabu (24/11/2021), mengambil gambar di dalam kedua masjid itu atau di sekitar tempat-tempat suci ini akan dianggap sebagai pelanggaran.

Sehingga, tidak seorang pun akan diizinkan untuk selfie, berfoto atau merekam video. Bagi para jemaah yang melanggar aturan akan dikenakan hukuman denda. Namun besarnya belum dijelaskan.

Baca Juga :  Kompor Gas vs Kompor Listrik Mana yang Lebih Baik?

Pejabat Arab Saudi juga mengatakan bahwa, sebagian besar peziarah membuang waktu mereka untuk mengambil gambar dan video baru kemudian berdoa. Hal ini tentunya sikap tidak menghormati tempat tetapi juga mengganggu ibadah orang lain.

“Ini bukan hanya soal tak menghargai tempat suci, tapi juga mengganggu proses ibadah orang lain,” kata sumber itu.

Petugas keamanan akan memastikan tak ada satupun orang melanggar aturan itu. Pihak berwenang akan menyita gawai atau kamera orang-orang yang ketahuan melanggar aturan.

Peraturan serupa pernah diterapkan pada 2017, saat warga Israel memasuki masjid suci itu dan mengambil gambar kemudian mengunggahnya di Facebook.

Baca Juga :  Dimethyl Ether (DME) Bakal Jadi Pengganti LGP, Apa Itu DME?

Diketahui, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Jeddah, Eko Hartono, buka suara terkait kabar Arab Saudi melarang selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

“Sejauh ini, kami belum ada info itu,” ujar Eko melansir laman CNNIndonesia.com, Rabu (24/11).

Eko kemudian menambahkan bahwa ia tetap belum mendengar kabar itu saat menanyakan kepada rekan-rekannya. “Tadi saya tanya ke teman di sini, belum dengar juga (soal larangan selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi,” tulisnya lagi.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait