SATUKANAL.COM
BERITA

Pemeriksaan Berlanjut, KPK Panggil 9 Pejabat Pemkot Batu Lainnya

Satuchannel.com, Kota Batu – Tim KPK kembali lakukan pengembangan kasus suap yang melibatkan Walikota Batu non aktif, Eddy Rumpoko. Kali ini, agendanya adalah pemanggilan sejumlah saksi dari sejumlah Dinas terkait.

Disampaikan oleh Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah kepada wartawan lewat WhatsApp, bahwa agenda pemeriksaan terus berlanjut dan bertempat di Polres Batu terhadap 9 orang saksi atas kasus suap pengadaan mebeler di dalam ranah Pemkot Batu.

“Berlanjut di polres Batu agendanya pemeriksaan 9 orang saksi atas Kasus ER. Pemanggilan saksi dari Kepala Dinas PU dan Binamarga, Kepala Dinas Pekerjaan Cipta Karya, Ketua dan Sekretaris Pokja BLP VI ULP Kota Batu, dan swasta lain,” Ujarnya singkat via WhatsApp kepada wartawan.

Sebelumnya, pada hari Kamis (28/9) telah dilakukan juga pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, diantaranya Kepala Badan Keuangan Daerah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan dan Sekretaris Pribadi.

Sedangkan kali ini, giliran 4 pejabat dan swasta lainnya yang jalani pemeriksaan. KPK akan melakukan pendalaman terkait kasus suap walikota soal indikasi aliran dana dan proses pengadaan proyek, termasuk bonus 10 persen atas kemenangan tender.

Walikota Batu Eddy Rumpoko ditangkap KPK dalam Operasi Tangkap Tangan atas kasus proyek  pengadaan barang dan jasa di ranah Pemkot Batu. ER ditengarai terima bonus 10 persen atas proyek senilai 500 juta tersebut.

ER ditangkap bersama Kepala Unit Layanan Pengadaan Pemkot Batu , Edi Setiawan yang diduga terima 100 juta dari tangan rekanan pengusaha, Filippus Djap atas pemenangan tender Proyek. keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka. (Dion)

Kanal Terkait