Pemenuhan Infrastruktur Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Blitar Gunakan DBHCHT - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pemenuhan Infrastruktur Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Blitar Gunakan DBHCHT
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar Dr Dharma Setiawan (Foto: Gilang Bahtiar/ Satukanal.com)
ADV

Pemenuhan Infrastruktur Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Blitar Gunakan DBHCHT

Satukanal.com, Blitar – Pengalokasian Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di Kota Blitar, khususnya di bidang kesehatan telah berjalan optimal. Seperti di Dinas Kesehatan Kota Blitar, alokasi DBHCHT sebesar 25 persen bisa dimanfaatkan dengan baik oleh puskesmas, rumah sakit, dan dinas kesehatan sendiri.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, Dr Dharma Setiawan mengatakan di masa pandemi, dana yang terkumpul dari cukai rokok ini membantu fasilitas umum kesehatan di Kota Blitar dalam menjamin kesehatan masyarakat.

Selain itu, ia menyampaikan, dalam pemenuhan infrastruktur kesehatan di Kota Blitar tentu terbantu dengan DBHCHT. Seperti di puskesmas dan rumah sakit digunakan untuk pemenuhan barang habis pakai dan peralatan medis lainnya.

Baca Juga :  Kecamatan Kepanjenkidul Gencar Sosialisasi Rokok Ilegal

“Hal itu sangat membantu tenaga medis dalam melayani masyarakat secara maksimal di masa pandemi dengan kelengkapan alat medis yang dimiliki,” ungkapnya, Kamis (25/11/2021).

Untuk di dinasnya sendiri, DBHCHT ini digunakan men-cover iuran masyarakat tidak mampu yang didaftarkan pemerintah dalam program BPJS Kesehatan. Di sini hampir separuh masyarakat telah didaftarkan oleh Pemerintah Kota Blitar mendapatkan BPJS Kesehatan yang digratiskan ini.

Baca Juga :  Stok Melimpah, Harga Sayuran di Pasar Legi Kota Blitar Turun Drastis

“Tahun depan saya berharap Kota Blitar mendapatkan peningkatan dalam DBHCHT. Pasalnya, Dinkes merencanakan DBHCHT ini untuk membackup anggaran yang diperlukan untuk penanganan Covid-19, yang selama ini membutuhkan dana cukup besar. Dengan demikian, apabila ada ledakan gelombang 3 seperti yang telah diprediksikan, Pemerintah Kota Blitar sudah memiliki backup anggaran DBHCHT. Sehingga, anggaran umum untuk kegiatan di bidang selain kesehatan bisa berjalan lebih leluasa, tanpa terlalu dibayang-bayangi refocusing kegiatan seperti di tahun-tahun sebelumnya.” tutupnya. (ADV/KMF)

 

 

Pewarta : Gilang Bahtiar
Editor : Adinda

Kanal Terkait