Pembangunan Pasar Besar Kota Batu, Pemkot: Pedagang akan dapat tempat secara gratis - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pembangunan Pasar Besar Kota Batu, Pemkot: Pedagang akan dapat tempat secara gratis
Kebijakan Pembangunan Pasar Induk Kota Batu (Foto: Pemkot Batu)
BERITA Kanal Straight

Pembangunan Pasar Besar Kota Batu, Pemkot: Pedagang akan dapat tempat secara gratis

Satukanal.com, Batu – Sejak Kamis (11/11/2021) para pedagang Pasar Besar Kota Batu telah menempati area dalam Stadion Gelora Brantas Kota Batu, karena lokasi pasar telah memasuki tahap relokasi.

Terkait dengan relokasi ini, Pemerintah Kota Batu bersama Kementerian PUPR memastikan bahwa dana pembangunan Pasar Besar Kota Batu sudah tersedia. Sehingga tidak mungkin mangkrak karena kehabisan dana.

Sementara itu, Pemkot Batu pun memastikan bahwa jumlah kios dan bedak pasar dipastikan cukup bagi seluruh pedagang pasar.

“Pembangunan Pasar Besar Kota Batu merupakan proyek strategis nasional, dan menjadi komitmen Kota Batu untuk menjadikannya pasar terbaik, bisa menampung semua pedagang dan bisa berdagang dengan baik,” ujar Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Adapun kebijakan Pemkot Batu terkait dengan pembangunan Pasar Induk Kota Batu diantarannya:

  1. Pemerintah daerah Kota Batu menjamin pedagang akan mendapatkan tempat di pasar induk baru secara gratis,
  2. Perencanaan Pasar Batu sesuai dengan aturan Pemerintah yang berlaku (SNI dan Bangunan Hijau),
  3. Dana yang tersedia oleh pemerintah pusat sampai dengan pasar terbangun secara keseluruhan,
  4. Jumlah kios/bedak yang nantinya akan disediakan mencukupi untuk seluruh pedagang,
  5. Meskipun konsep bangunan modern, jumlah pedagang tetap, tidak ada penambahan pedagang dari luar.
Baca Juga :  Banjir Bandang Melanda Kota Batu-Malang, 15 Orang Hilang dan Jembatan Sengkaling-Tegalgondo Terputus

Selain itu, Pemkot Batu juga telah menyiapkan lokasi relokasi sementara bagi pedagang Pasar Besar di area Stadion Gelora Brantas. Tempat itu akan dipakai untuk menampung pedagang selama pembangunan pasar berjalan. Jumlah kios yang disiapkan sebanyak 1.191 buah.

Sekretaris Diskumdag Kota Batu, Cairo Latif menjelaskan, hingga 1,5 tahun ke depan, Stadion Brantas akan berubah menjadi kawasan Pasar. Para pedagang akan berjualan mulai pukul 00.00 hingga 08.00 WIB. Akses untuk masuk Pasar ini bisa melewati pintu utama di jalan SMPN 1 Kota Batu dan 3 pintu lainnya.

Baca Juga :  Satu Korban Hilang Akibat Banjir Bandang di Kota Batu Ditemukan

Berbagai fasilitas tengah disiapkan, diantaranya kamar mandi atau MCK sebanyak 16 unit, listrik dan air bersih. Seluruhnya biaya ditanggung oleh Pemkot Batu. Kemudian lahan area parkir juga sudah disiapkan, yakni di kawaan Stadion Timur, samping GOR Gajah Mada, terusan Jalan M. Sahar, dan area parkir akses masuk Jatim Park 1 serta Jalan Sultan Agung.

Sebagai informasi, anggaran yang sudah disediakan oleh pemerintah pusat sejumlah Rp 19 miliar. Dari anggaran keseluruhan Anggaran Pendapatan Belanda Nasional (APBN) senilai Rp 200 miliar untuk revitalisasi Pasar Besar Kota Batu.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait