Pembangunan Hunian Korban Gempa Sedang Diproses - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pembangunan Hunian Korban Gempa Sedang Diproses
BERITA HIGHLIGHT

Pembangunan Hunian Korban Gempa Sedang Diproses

Satukanal.com, Malang – Pembangunan pasca kerusakan yang ditimbulkan gempa beberapa saat lalu mulai berjalan. Kontruksi bangunan yang sudah mulai rapuh menyebabkan rumah warga banyak yang roboh. Tak ayal, perhatian kepada masyarakat terdampak menjadi perhatian utama Pemerintah Kabupaten Malang kini.

Kepala BMKG Pusat, Dwikorita Karnawati mengatakan banyak hal yang akan dilakukan usai kejadian tersebut. Seperti penenangan kepada masyarakat sekitar lantaran mereka yang sudah lama tak merasakan gempa. Belum lagi lahan rusak dan bangunan-bangunan yang runtuh.

Baca Juga :  Ternyata Ini Biang Kerok UMKM Indonesia Susah Ekspor

“Pastinya mereka panik. Itulah pentingnya sosialisasi penenangan pada masyarakat. Selanjutnya kami akan mengukur kerentanan tanah terhadap gempa bumi,” ucapnya saat mengunjungi Kecamatan Tirtoyudo beberapa waktu lalu.

Dengan adanya pengukuran itu, akan menghasilkan peta mikrozonasi kerentanan gempa. Imbasnya masyarakat yang ada pada wilayah rentan bencana bisa selalu siap siaga.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat berkata pemerataan rumah pada korban terimbas sudah dilakukan. Tujuannya adalah memudahkan proses pembangunan dan masuknya material. Pendataan rumah yang ada juga dilakukannya lantaran bangunan roboh akan dibangun lagi.

Baca Juga :  Sanusi : Koordinasi Lintas Sektoral Dibutuhkan Dalam Penanganan Bencana

“Rumah yang dirobohkan memang akan dapat bantuan pembangunan sementara. Karena itu, dirobohkan untuk dibangun kembali,” jelasnya hari ini (15/4).

Masyarakat sementara dipindah ke pengungsian, sembari menunggu rumah dibangun. Kisaran dana yang dianggarkan untuk pembangunan adalah Rp 15 juta sampai Rp 20 juta. Pesannya, supaya masyarakat tetap bisa menjaga kesehatan selama berada di pengungsian.

 

 

 

 

Pewarta : Wildan Agta Affirdausy
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait