Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Ditargetkan Beroperasi Pada 2049 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Ditargetkan Beroperasi Pada 2049
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir pertama di Indonesia
BERITA Kanal Straight

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Ditargetkan Beroperasi Pada 2049

Satukanal.com, NasionalKementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah menyiapkan peta jalan (roadmap) transisi energi baru terbarukan (EBT) menuju net zero emission pada 2060 mendatang.

Dalam roadmap tersebut, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) beroperasi tahun 2049 di Indonesia. Sebelumnya, disebutkan rencana pembangunan PLTN dilakukan setelah tahun 2025.

“Rencananya PLTN mulai beroperasi komersial (commercial operation date/COD) pada 2049 mendatang,” ujar Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana.

Sementara itu, dari 19 syarat yang harus dipenuhi untuk membangun PLTN, Indonesia masih punya 2 syarat yang belum sepenuhnya terpenuhi, diantarannya:

  • Political will atau kebijakan politik pemerintah,
  • Penerimaan masyarakat.
Baca Juga :  Ingin Cairkan Dana Pensiun BPJS Ketenagakerjaan? Simak Cara dan Syaratnya

Rida mengatakan, political will mudah diselesaikan jika presiden menyetujui pembangunan PLTN ini. “Kalau presiden sudah bilang ‘go nuclear’, itu sudah jalan,” katanya.

Namun, terkait penerimaan masyarakat masih belum bisa didapatkan secara maksimal. Hal ini karena tenaga nuklir sering mendapat stigma sebagai energi yang berbahaya.

“Trennya makin membaik, artinya masyarakat makin mengerti untuk menerima kehadiran PLTN di negeri ini. Kita yakin teknologi PLTN makin aman,” ujar Rida.

Baca Juga :  Ingin Terhindar dari Covid-19? Ikuti Langkah-langkah Berikut Ini!

Rida juga mengatakan pembangunan PLTN ini juga bertujuan untuk menekan emisi gas rumah kaca.

“Ini program kami, pembangunan program EBT setelah tahun 2025, pemerintah Indonesia akan terapkan beberapa program diantaranya pembangunan pembangkit tenaga nuklir untuk memberikan suplai energi nasional,” paparnya.

Sebagai informasi, Pemerintah memiliki rencana untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) setelah tahun 2025 mendatang. Setidaknya ada tiga lokasi yang dianggap potensial untuk membangun PLTN, antara lain Kalimantan Barat, Bangka Belitung, dan Jepara.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait