Pembaharuan Aturan Vaksinasi Tahap Dua di Kota Kediri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pembaharuan Aturan Vaksinasi Tahap Dua di Kota Kediri
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Pembaharuan Aturan Vaksinasi Tahap Dua di Kota Kediri

Satukanal.com, KediriPemerintah Kota (Pemkot) Kediri, akan melangsungkan vaksinasi Covid-19 tahap kedua pekan ini. Sebanyak 2.450 vial vaksin Sinovac telah disimpan di Gudang farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Kediri, Rabu (24/02/2021).

Sesuai keputusan Kemenkes, tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Vaksinasi tahap kedua diperbolehkan untuk kelompok Lanjut Usia (Lansia), Komorbid, Penyintas Covid-19, Ibu Menyusi, dan Sasaran Tunda.

“Jadi vaksin yang sudah kita terima pada tahap kedua, juga dapat kita gunakan bagi kriteria tahap pertama, yang semula tidak diperbolehkan,” ungkap Kabid Bidang Pelayanan dan SDK Dinkes Kota Kediri Dwi Sunaryati.

Baca Juga :  Ratusan Ojol Jalani Vaksin Drive Thru

Dia juga mengungkapkan, peraturan vaksinasi tahap pertama tidak memperbolehkan ibu hamil, begitu juga yang mempunyai riwayat penyakit Komorbid. Namun dalam vaksinasi tahap kedua ini, terdapat kebijakan baru dengan menindaklanjuti SE Kemenkes.

Ditambahkan oleh Dwi Sunaryati, jika kebijakan perubahan didasari oleh pernyataan yang disampaikan Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional. Pihaknya menyatakan kebijakan telah melalui kajian dan penelitian, aman untuk dilakukan kepada kelompok usia lebih dari 59 tahun, komorbid, penyintas Covid-19, dan ibu menyusui.

Baca Juga :  Aksi Damai Jurnalis Kediri, Kecam Keras Tindak Kekerasan Wartawan di Surabaya

“Dimana dalam surat edaran tersebut, membolehkan jika kriteria seperti komorbid, penyintas Covid-19, dan ibu menyusui dapat dilakukan vaksinasi,” terangnya.

Vaksinasi tahapan kedua diprioritaskan bagi instansi publik yang mempunyai mobilitas tinggi. Disebutkan prioritas bagi Pelayan Publik, BUMD, Guru, Pedagang, Tokoh Agama, Ojek Online dan Wartawan.

Terkait jadwal pelaksanaan vaksinasi tahap kedua, Dwi Sunaryati mengaku akan dilakukan dalam minggu ini. “Rencananya minggu ini, cuma saat ini kita masih mematangkan pendataan,” tutupnya.

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait