SATUKANAL.COM
BERITA

Pemasangan ATCS di Kota Malang Akan Dilakukan, Ini Titiknya

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang akan melakukan pemasangan Area Traffic Control System (ATCS) di beberapa titik yang telah dipetakan. Bulan ini, rencananya akan ada tiga titik baru pemasangan ATCS untuk mengurai kemacetan di Kota Pendidikan ini.

Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto menyampaikan, pemasangan ATCS dilakukan di persimpangan Ranugrati, persimpangan Puntodewo, dan persimpangan Detasemen Polisi Militer (Denpom). Pemasangan akan dilakukan bulan ini, lantaran penandatanganan antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dishub Kota Malang dengan pemenang lelang sudah dilakukan minggu lalu.

“Selain itu ada penambahan ATCS di pertigaan Dinoyo dan pertigaan UB Soekarno Hatta. Karena status jalan itu milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur, maka dilakukan Dishub Provinsi Jatim,” katanya pada wartawan melalui aplikasi pesan singkat belum lama ini.

Baca Juga :  Kerjasama WCC Dian Mutiara dan Kelurahan Gadingkasri dalam Penyuluhan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

Handi menyampaikan, anggaran untuk ATCS mencapai Rp 3,8 Miliar. Anggaran tersebut ditargetkan sudah dapat diserap selama tahun anggaran 2019. Sehingga, pengerjaan dan pemasangan ATCS dapat dilaksanakan dalam waktu dekat. Maksimal dalam kurun tiga bulan sudah rampung.

Lebih jauh dia menyampaikan, proses pengadaan tersebut Dishub Kota Malang tak sendiri. Melainkan juga melibatkan tim Pengawal, Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang untuk pendampingan. Pendampingan dilakukan untuk menjamin seluruh proses dilakukan dengan tepat dan tak menyalahi aturan.

Baca Juga :  WCC Dian Mutiara Lakukan Penyuluhan Penanganan Permasalahan Kekerasan Perempuan dan Anak

“Kami meminta pendampingan agar seluruh proses mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan tidak melenceng dari koridor dan regulasi yang ada,” terang Handi.

Selain melakukan pemasangan ATCS, Dishub Kota Malang secara rutin menurutnya juga terus melakukan perawatan terhadap traffic light yang ada. Seperti yang dilakukan di Jalan Ranugrati dan Plaosan yang dilakukan belum lama ini. Perawatan dilakukan lantaran TL di dua titik tersebut mengalami korslet. Sehingga harus segera dibenahi untuk memudahkan arus lalu lintas.

“Ada beberapa traffic light yang mengalami kerusakan, konslet. Kami terus melakukan pemantauan, ketika ada yang rusak, langsung kami perbaiki,” ujarnya.

Kanal Terkait