Pelayanan Vaksin Gotong Royong Dimulai Hari ini, Simak Jenis dan Tarifnya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pelayanan Vaksin Gotong Royong Dimulai Hari ini, Simak Jenis dan Tarifnya
BERITA Kanal Highlight

Pelayanan Vaksin Gotong Royong Dimulai Hari ini, Simak Jenis dan Tarifnya

Satukanal.com, Malang – Pengadaan vaksin gotong royong yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021, telah dijadwalkan pemerintah dimulai pada hari ini Senin (17/5/2021).

Sementara itu, Vaksin Gotong Royong yang telah ditetapkan adalah jenis vaksin Sinopharm. Vaksin Sinopharm merupakan vaksin berjenis inactivated vaccine yang disebut SARS-CoV-2 Vaccine (Vero Cell).

Vaksin ini menggunakan partikel virus yang dimatikan untuk mengekspos sistem kekebalan terhadap virus, tanpa mengambil risiko respons penyakit serius. Vaksin Covid-19 buatan Sinopharm telah dinyatakan aman oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

BPOM sendiri telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) terhadap vaksin Sinopharm pada 29 April 2021 lalu.

Baca Juga :  Bakal Berlangsung September, MFC Naik Kelas

Penetapan tersebut berdasarkan Kepmenkes Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021 tentang Penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Produksi Sinopharm Melalui Penunjukan PT Bio Farma (Persero) dalam Pelaksanaan Pengadaan Vaksin Covid-19 dan Tarif Maksimal Pelayanan untuk Pelaksanaan Vaksin Gotong Royong.

Merujuk pada Kepmenkes, besaran harga pembelian vaksin produksi Sinopharm melalui penunjukan PT Bio Farma (Persero) dalam pelaksanaan pengadaan vaksin Covid-19 dan tarif maksimal pelayanan untuk pelaksanaan vaksinasi gotong royong yakni, Harga pembelian vaksin sebesar Rp 321.660 per dosis.

Selain itu, untuk tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp 117.910 per dosis. Dalam Kepmenkes juga ditetapkan bahwa harga pembelian vaksin sebesar Rp 321.660 per dosis.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, besaran harga pembelian vaksin sudah menyertakan pandangan dan pendampingan dari kementerian terkait.

Baca Juga :  Ditunjuk Sebagai Presiden Arema FC, Crazy Rich Malang Siapkan Sejumlah Program

Kementerian tersebut meliputi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, ahli/akademisi/profesi, dan/atau aparat penegak hukum.

Sementara itu, Hendra Angga Sonata selaku Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Batu menyampaikan tanggapannya terkait dengan tarif vaksin gotong royong, pihaknya tetap menyerahkan hal itu ke masing-masing pengusaha.

Karena hal itu bergantung pada kondisi keuangan yang ada. “Kami akan ada zoom meeting dengan daerah lainnya, pastinya kami akan mengikuti arahan dari (Apindo) pusat. Memang biayanya juga berat, masing-masing (perusahaan) ada yang mampu dan tidak pastinya, jadi tidak bisa disamaratakan,” jelasnya.

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait