Pelantikan Tiga Perangkat Desa Gedangan Campurdarat Didemo Warga | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA STRAIGHT NEWS

Pelantikan Tiga Perangkat Desa Gedangan Campurdarat Didemo Warga

Puluhan orang mendatangi kantor desa Gedangan Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung, Kamis (26/12) pagi. Kedatangan warga tersebut bersamaan dengan pelantikan tiga perangkat desa hasil ujian yang telah dilaksanakan 10 Desember 2019 yang lalu.

“Kita kesini ingin agar pelantikan ini ditunda, proses ujian perangkat desa ini telah menyalahi Peraturan Bupati (Perbup), jadi pelantikan kita anggap tidak sah,” kata Yoni Tri Wiharto, koordinator aksi.

Yoni sendiri yang juga merupakan salah satu calon yang sebelumnya mengikuti ujian. Namun, dirinya bersama 17 calon lainnya kandas karena kalah nilai.

“Panitia mereka bentuk sendiri tanpa musyawarah dengan tokoh masyarakat seperti yang diatur dalam Perbup, kemudian tidak ada MoU dengan perguruan tinggi dan hasil ujian juga dikoreksi sendiri, ini tidak benar dan tidak sah,” paparnya.

Dirinya bersama calon lain dengan dukungan masyarakat sudah berusaha melakukan protes ke panitia. Selain itu juga mengirimkan surat ke komisi A DPRD Tulungagung serta Kabag Pemerintahan.

Namun, dari jadwal yang sebelumnya pelantikan akan diselenggarakan pada 31 Januari 2020, tiba-tiba diajukan sepihak pada tanggal 26 Desember 2019 ini.

“Alasannya mereka mungkin takut jika proses ujian harus diulang, tiba-tiba diajukan hari ini. Tapi kami akan tetap mempermasalahkan hal ini dan minta hearing ke komisi A DPRD Tulungagung,” jelas Yoni.

Sementara, suasana di dalam kantor Desa Gedangan acara pelantikan tidak terganggu dengan aksi demo warga di luar pagar. Sejumlah petugas pengamanan baik dari Polsek dan Polres dengan bantuan linmas menutup rapat pintu gerbang kantor desa, sehingga pendemo tidak dapat memasuki area pelantikan.

Tiga orang yang dilantik dan menerima SK di antaranya Sukowiyono sebagai sekretaris desa, Wiwin Haryati sebagai kepala dusun dan Rizky Wulandari sebagai kaur keuangan.

Setelah pelantikan usai, pendemo dengan tertib meninggalkan lokasi dan membubarkan diri kembali ke rumah masing-masing.

Kanal Terkait