Lampu Hijau PTM Terbatas Bagi Perguruan Tinggi di Wilayah PPKM Level 1-3 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Lampu Hijau PTM Terbatas Bagi Perguruan Tinggi di Wilayah PPKM Level 1-3
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim (Foto: Istimewa)
BERITA Kanal Straight

Lampu Hijau PTM Terbatas Bagi Perguruan Tinggi di Wilayah PPKM Level 1-3

Satukanal.com, Nasional – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas bagi perguruan tinggi yang berada di zona Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1-3 diizinkan untuk digelar.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim, saat menghadiri pertemuan dengan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) di Aula Fakultas Kedokteran UNS pada Senin (13/9/2021).

1. PTM Terbatas hanya boleh diisi 25 mahasiswa

Sementara itu, Nadiem menyebut daerah yang berada di daerah PPKM level 1, 2, dan 3 dapat menggelar PTM. Namun, dengan syarat satu ruang perkuliahan hanya boleh diisi 25 mahasiswa saja.

Baca Juga :  SKD PPPK Jombang Fokus di Tiga Titik

“Level 1, 2, dan 3 PPKM sudah bisa mulai tatap muka terbatas dengan 25 mahasiswa per kelas. Tapi, tidak ada acara kumpul-kumpul di luar pembelajaran dan itu memang konsekuensinya,” terangnya.

2. Teknis PTM Terbatas diatur lebih lanjut oleh Dikti

Terkait teknis kuliah tatap muka terbatas, Nadiem mengaku sudah sepenuhnya menyerahkan pada Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti).

Selain itu Nadiem juga menekankan, PTM terbatas di kampus akan berhasil apabila mahasiswa disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes). “Kedisiplinan mahasiswa itulah yang akan menjadi kunci dari keberhasilan,” ungkap Mendikbudristek.

3. Mahasiswa diwajibkan disiplin prokes

Dirinya mengimbau mahasiswa tetap menjalankan protokol kesehatan, yakni memakai masker selama di kampus, mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta menerapkan etika batuk, dan bersin.

Baca Juga :  Pemkot Malang Rencanakan Bangun Alun-alun Kedungkandang

4. Pentingnya vaksinasi sebelum mengikuti PTM Terbatas

Sebelum PTM terbatas bagi perguruan tinggi dimulai, Nadiem juga mengimbau para mahasiswa untuk mendaftarkan diri ke sentra vaksinasi. Sementara bagi mahasiswa yang sudah vaksin, ujarnya, diminta menyebarkan pesan kepada mahasiswa lain tentang pentingnya vaksinasi ini.

“Saya tekankan sekali lagi berhasil tidaknya PTM terbatas tergantung komitmen mahasiswa untuk saling menjaga dan saling melindungi,” tutupnya.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait