Pelajar Kediri, Suskes Kembangkan 'Daun Kelor' Menjadi Produk Coklat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pelajar Kediri, Suskes Kembangkan 'Daun Kelor' Menjadi Produk Coklat
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Pelajar Kediri, Suskes Kembangkan ‘Daun Kelor’ Menjadi Produk Coklat

Satukanal.com, Kediri – Pelajar di Kediri sukses berinovasi, mengubah Daun Kelor menjadi bahan produk kopi dan coklat. Inovasi tersebut diawali saat mengerjakan tugas di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Global Mandiri, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri.

Permintaan produk kopi dan coklat daun kelor yang tinggi, membuktikan bahwa produk ini kian digemari oleh masyarakat. Lalu, berkembang pesat hingga menambah angka produksi. Dilanjutkan pembuatan kelompok usaha dagang bernama UD Rasa Sayange.

Redi Laksono, Ketua Tim Pelaksana UD Rasa Sayange mengungkapkan, dirinya bersyukur dan berbangga karena produknya semakin diminati oleh konsumen. Bahkan, berkat ide inovasi produk tersebut mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Kediri.

“Daun kelor itu mudah kita cari disekeliling dan banyak, kebetulan daun kelor ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat,” ungkapnya Redi Laksono, kepada Satukanal.com, Senin (01/02/2021).

Baca Juga :  Diperpanjang! PPKM Mikro Jilid 2 di Kabupaten Kediri

Berawal pada bulan Oktober 2019, dirinya mendapat kan tugas kreasi dari sekolah membuat produk UMKM. Kebetulan dilingkungannya didapatkan tanaman kelor yang melimpah, dilanjutkan ide pemanfaatan daun kelor untuk bahan makanan dan minuman.

Dari kreasinya ini, Redi dan kelompok memperoleh bantuan alat produksi agar bisa berkembang. Lebih lanjut, dirinya merasa penasaran membuat produk kopi dan coklat dari bahan daun kelor, hingga dilakukan percobaan produk. Kemudian menjadi ketagihan untuk menikmati.

Disebutkan oleh Redi, produk kopi dan coklat dari bahan daun kelor telah mendapat respon positif dari berbagai macam kalangan. Dalam satu bulan, tidak kurang dari 100 potong cokelat laku terjual ke berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga :  Kuliner Jadah 'Burger Deso Ala Keraton' Produksi Warga Semampir, Kota Kediri

“Penjualan paling jauh ada di Cikarang Bekasi Jawa Barat, dan besok ada pesanan di Banyuwangi,” ucap Rendi.

Secara singkat proses pembuatan cokelat juga dijelaskan oleh Redi. Daun kelor dihaluskan dan dikeringkan, sampai menjadi bentuk serbuk. Selanjutnya serbuk daun kelor dibaur dengan adonan bahan mentah coklat. Kemudian adonan dituang kedalam cetakan coklat batang siap konsumsi.

Dengan kegiatan produksi ini, Redi menghasilan jutaan rupiah disetiap bulannya. “Setelah menjadi coklat batang, produk siap dikemas, untuk harga satuannya cokelat dan kopi masing-masing dijual 5 ribu rupiah,” pungkasnya.

 

 

 

 

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait