Pekik Takbir dari Dunia Sunyi, Menggema Seantero Nusantara - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pekik Takbir dari Dunia Sunyi, Menggema Seantero Nusantara
Lala melakukan gerakan takbir/foto: Maskurun for satukanal.com
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Pekik Takbir dari Dunia Sunyi, Menggema Seantero Nusantara

Satukanal.com, Kediri – Sejenak, arah mata Lailatul Dwi Riza menuju ke ujung jari telunjuk kanannya yang teracung di bahu kirinya. Sesaat kemudian, jemari kanan gadis cantik yang akrab disapa Lala ini melakukan gerakan setengah melingkar ke kanan atas. Telunjuk kanannya menunjuk ke arah atas. Diakhiri dua tangan mengibas ke arah yang sama. Matanya selalu mengikuti rangkaian gerak jari tangan yang diulang hingga tiga kali tersebut.

Itu menjadi awalan video berdurasi 52 detik yang dilansir oleh Muslimah Tuli Kediri (MTK). Kalau saja video ini tidak disertai oleh subtittle, orang awam tak akan paham maksudnya. Serangkaian teks di video bagian bawah ini menerangkan arti dari gerakan Lala, penyandang disabilitas tuna rungu ini: Allahu Akbar: Allahu Akbar.. Allahu Akbar..

Gerakan selanjutnya jika diartikan dengan kata-kata adalah menyempurnakan takbir yang lazim didengungkan saat Idul Fitri. Laa ilaaha illallahu Allahu Akbar.. Allahu Akbar Walillahil Hamd.

Ya. Disabilitas tuna rungu punya cara tersendiri untuk meneriakkan takbirnya. Mereka sadar, jika memiliki keterbatasan: tak bisa mengucapkan takbir di speaker-speaker masjid, maupun di sound system dalam takbir jalanan.

Baca Juga :  Atlet Lari NPCI Kota Kediri Borong 2 Emas di Ajang Pekan Paralimpik Jatim

“Walau tuli, tapi kami juga menyebut nama Allah dengan isyarat kami di malam takbiran. Karena itu, kami takbir dengan isyarat,” kata Maskurun, ketua Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Jawa Timur pada satukanal.com, 13 Mei 2021.

Wanita yang akrab dipanggil Mbak Yuyun inilah inisiator takbir ‘sunyi’ ini. Dia membuatnya secara mendadak. Sehari sebelum Idul Fitri. Para penyandang disabilitas tuna rungu diminta mengkreasi tiga video. Setelah itu, pada Rabu, 12 Mei 2021 malam, video itu diluncurkan di media sosial baik facebook, WhatsApp Group, maupun kanal video Youtube. Sehingga, dalam tempo singkat, takbir sunyi itu menggema di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Hari Donor Darah Sedunia, PMI Kabupaten Kediri Bangkit Terdampak Pandemi Covid-19

“Tiga video itu dari Muslimah Tuli Kediri, Bimbel Abidah dan Gerkatin Kota Kediri. Alhamdulillah, anak-anak bersemangat dalam bertakbir dengan bahasa isyarat,” ujar Mbak Yuyun.

Semangat disabilitas tuna rungu agar bisa bertakbir sebagaimana orang normal ini patut diapresiasi dan diteladani. Dengan kemauan kuat, mereka menembus batas diri dalam menjalankan ibadah agar tetap menggaungkan kebesaran Ilahi. (*)

 

 

 

Pewarta: Danu Sukendro
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait