PDIP Bentuk Tim Lima, Buka Pendaftaran Bakal Calon Wali dan Wawali Malang | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

PDIP Bentuk Tim Lima, Buka Pendaftaran Bakal Calon Wali dan Wawali Malang

Satuchannel.com, Kota Malang -DPC PDIP Kota Malang membentuk tim 5 untuk bertanggungjawab melakukan pendaftaran Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Malang 2018. Dalam jumpa pers yang digelar hari ini (2/6) di Kantor DPC PDIP Jalan Jalan R. Panji Suroso No 5C, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, anggota dari tim 5 tersebut diperkenalkan satu persatu kepada awak media.

Adapun kelima orang dari tim tersebut ialah I Made Rian selaku Ketua Tim, Iwan Mahendra selaku Wakil Ketua 1, Budidoyo Wakil ketua 2, Ahmad Zakaria selaku Sekretaria tim dan yang terakhir Nurul setyowati sebagai bendahara tim.

I Made Rian mengatakan fungsi dari pada adanya tim 5 ini ialah khusus mengurus segala admintrasi dari pihak yang ingin mendaftarkan diri. Untuk itu, ada dua tahap pendaftaran yang telah disiapkan oleh panitia yaitu pertama tahap pengambilan formulir dan kedua, tahap pengembalian.

“Tanggal 1 sampai 15 Juni itu untuk pengambilan formulir, sedangkan 16 sampai tanggal 30 Juni digunakan untuk pengembalian formulir. Dan Tiap harinya kita buka pukul 10.00 – 16.00 WIB,” tutur pria yang kerap dipanggil Made.

Baca Juga :  WCC Dian Mutiara Gelar Kajian Pentingnya Peran Berbagai Lembaga Atasi Keserasan Seksual di Kampus

Mengenai jadwal pendaftaran, calon pendaftar sebenarnya juga bisa dilayani di luar jam ketetapan tersebut dengan catatan, sebelumnya telah membuat janji atau berkoordinasi dengam tim 5.

Sementara itu, Made juga menegaskan bila pendaftaran tersebut bersifat secara umum dan dapat diikuti oleh semua kalangan. Bahkan dirinya mengatakan, bila pendaftar dari partai lain pun dipersilahkan.

“Tokoh partai lain, kader partai lain, atau pengusaha semua dapat kita terima,” tegas Made.

Selain itu, dalam pendaftaran bakal calon ini, pendaftar akan dikenakan biaya gotong royong yang jumlahnya berbeda. Untuk pendaftar bakal calon wali kota dikenai biaya sebesar Rp 25 juta, sedangkan untuk bakal calon Wakil Walikota dikenai sebesar Rp 20 Juta.

“Sumbangan itupun tidak boleh lebih juga tidak boleh kurang,”jelasnya.

Made mengatakan bila dana tersebut akan dioperasionalkan untuk kebutuhan admintrasi maupun survei yang juga akan digunakan untuk kepentingam calon itu sendiri.

Baca Juga :  5 Jenis Tanaman Hias Minim Perawatan Dan Cocok Bagi Pemula

Adapun kriteria calon sendiri, tim 5 ini mengacu pada peraturan yang telah ditetapkan oleh KPU, seperti misalnya secara admintrasi harus menyertakan SKCK, surat bebas narkoba, surat bebas hutang atau pajak terhutang. Untuk jumlah pendaftarnya sendiri, hingga kini tim 5 menargetkan untuk dapat menjaring sebanyak-banyaknya.

“Pendaftar tidak kami batasi, cuman kita tetap seleksi sesuai dengan kriteria,”

Tahapannya, setelah fase pendaftaran usai, maka hasil akan diplenokan terlebih dahulu dan nanti akan dibawah ke pusat dan langsung oleh ketua umum DPP yakni Megawati Soekarnoputri.

Melalui pendaftaran yang telah dibuka sejak 1 Juni kemarin ini, pihak panitia atau Tim 5 ini berharap bila kriteria yang dicari untuk dimajukan sebagai calon Wali Kota atau Wakil wali Kota oleh pihak PDIP adalah sosok yang mampu menjawab segala masalah yang selama ini ada, contohnya dalam menjawab permasalahan pembangunan yang ada. (Iqb)

Kanal Terkait