PDI-Perjuangan Instruksikan Pengawalan Suara, Klaim Bisa Rebut 29 Kursi DPRD Jatim - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

PDI-Perjuangan Instruksikan Pengawalan Suara, Klaim Bisa Rebut 29 Kursi DPRD Jatim

Tidak ingin kalah dengan beberapa partai yang telah merilis hasil suara internalnya, PDI-Perjuangan pun melansir perolehan hasil suara pileg DPRD Jawa Timur (Jatim) tahun 2019. Partai berlambang banteng moncong putih ini optimis bisa meraih suara tertinggi di Jatim. Diprediksi bisa menduduki kursi DPRD Jatim antara 25 sampai 29 kursi.

Hitung-hitungan kursi PDI-Perjuangan berasal dari hasil perhitungan internal di Jatim I-XIV. Dimana, Dapil Jatim I (Kota Surabaya) bakal menyetor 3 kursi DPRD Jatim. Lalu Dapil II (Sidoarjo) 1 kursi, Dapil III (Kabupaten/Kota Pasuruan dan Kabupaten/Kota Probolinggo) 2 kursi, dan Dapil IV (Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo) 2 kursi.

Sementara untuk Dapil V (Lumajang dan Jember) 2 kursi, Dapil VI (Kabupaten/Kota Malang dan Kota Batu) 4 kursi, serta Dapil VII (Tulungagung dan Blitar) 3 kursi.

Dilanjut di Dapil VIII (Kabupaten dan Kota Kediri) diprediksi memperoleh 2 kursi, Dapil IX (Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan dan Ngawi) sebesar 2 atau 3 kursi, Dapil X (Mojokerto dan Jombang) sebesar 2 kursi, dan Dapil XI (Madiun dan Nganjuk) sebanyak 2 kursi.

Serta, di Dapil XII (Bojonegoro dan Tuban) dapat 2 kursi, Dapil XIII (Lamongan dan Gresik) 2 kursi, serta Dapil XIV (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep) 1 kursi. “Ini data real count dari penghitungan internal kami. Untuk hasil resmi tetap mengacu ke KPU. Tapi kami optimis bisa meraih kursi dengan jumlah itu. Untuk perolehan suara yang diamanahkan rakyat pun, Insya Allah kita yang tertinggi di Jatim,” kata Sri Untari Sekretaris DPD PDI-Perjuangan, Kamis (25/04/2019).

Di tingkat nasional, perolehan suara PDI-Perjuangan di Jatim memang masih merajai dibandingkan dengan partai lainnya. Menurut data KPU, PDI-Perjuangan telah mengantongi 25,4 persen dari progress data yang masuk sebanyak 7.337 dari 130.179 TPS (5.63609%).
Sedangkan untuk Partai Demokrat telah mencapai 6,91 persen di bawah partai Golkar yang telah meraup 8,46 persen. Di bawah PDI-Perjuangan ADA PKB dengan suara 17,19 persen dan Gerindra 11,05 persen.

Raihan PDI-Perjuangan di Jatim tersebut, tentunya membuat gembira para kader. Pasalnya, bila hasil perhitungan internal itu tidak jauh berbeda dengan hasil KPU, maka suara PDI-Perjuangan melampaui capaian pada pemilu 2014 lalu yang hanya bisa meraup 19 kursi.

Untuk memastikan raihan itu maka Sri menginstruksikan seluruh kader banteng moncong putih di Jatim untuk tidak lengah. “Kami instruksikan ke seluruh kader untuk terus mengawal proses rekapitulasi suara di PPK yang masih terus berjalan,” ujarnya.

Sri juga menegaskan kepada seluruh kader untuk bergotong royong bersama para saksi. “Untuk memastikan politik kebenaran berada di atas segalanya,” ujarnya yang juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Jatim.

“Sekali lagi, terima kasih kepada warga Jatim. Kepercayaan ini Insya Allah akan kami jawab dengan kerja-kerja yang bermanfaat bagi rakyat. Tidak akan kami khianati, akan kami jaga kepercayaan ini,” pungkasnya.

Kanal Terkait