SATUKANAL.COM
BERITA

Pastikan UNBK 2019 Aman, Mendikbud: Jangan Sampai Ada Hacker

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy pastikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 tidak ada pelanggaran. Sebab, semua soal baru bisa diketahui oleh siswa sekitar 10 menit sebelum ujian dimulai.

Hal tersebut dikatakan Muhadjir kepada kami saat mengunjungi salah satu SMK negeri di Kabupaten Malang pada Senin (262/3/2019). Ia menuturkan bahwa tahun ini tidak ada kecurangan seperti kebocoran soal UNBK bahkan adanya calo untuk UNBK SMK 2019 ini.

“Tahun ini sudah tidak ada pelanggaran untuk UNBK SMK,” tegas Muhadjir.

Lanjutnya, ia mengaatakan bahwa untuk pelanggaran UNBK seperti calo ataupun yang lainnya sudah ia pastikan tidak ada dalam bentuk apapun. Pasalnya, ia menuturkan bahwa sistem yang digunakan tahun ini lebih aman.

Baca Juga :  Kerjasama WCC Dian Mutiara dan Kelurahan Gadingkasri dalam Penyuluhan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

“Mau dicalokan gimana, soal Ujian Nasional (UN) tahun ini baru diketahui siswa 10 menit sebelum UN dimulai,” ujar Muhadjir.

Lanjutnya,ia menuturkan bahwa kejadian bocornya soal UN memang pernah terjadi di tahun 2018 lalu. Namun, untuk tahun ini ia pastikan hal tersebut tidak akan terulang. Pasalnya, ia menyebutkan soal ujian hanya bisa dilihat ketika peserta menginput Nomor Kendali (Noken) peserta ujian. Dan juga soal yang diberikan di setiap meja akan berbeda.

“Memang tahun 2018 lalu ada kecurangan dalam ujian, tapi, tahun ini saya pastikan aman. Soal baru bisa dilihat peserta ketika mereka login dengan Noken, dan setiap meja soalnya berbeda,” paparnya.

Baca Juga :  Kerjasama WCC Dian Mutiara dan Kelurahan Gadingkasri dalam Penyuluhan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

Lanjutnya, ia meminta kepada para pengguna media sosial berjejaring internet agar tidak menggunakan internet untuk hal yang merugikan. Hal tersebut ia katakan karena saat ini tak sedikit pelaku kejahatan internet yang sudah ada di Indonesia, terlebih lagi adanya para pelaku hacker situs yang bisa saja membobol soal UNBK.

“Saya minta kerja samanya untuk semua pelaku media sosial dan pelaku internet agar UN ini tidak dihack, karena ini untuk kepentingan kita semua, kepentingan bangsa dan kepentiangan anak – anak yang sudah optimis untuk menyongsong masa depannya,” pungkasnya.

Kanal Terkait