Menggunakan Pasta Gigi Berbahan Charcoal, Amankah? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Menggunakan Pasta Gigi Berbahan Charcoal, Amankah?
Ilustrasi seorang perempuan sikat gigi (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Menggunakan Pasta Gigi Berbahan Charcoal, Amankah?

Satukanal.com, Nasional – Berbagai produk pasta gigi terus berinovasi, seperti halnya dengan produk  pasta gigi berbahan charcoal atau arang aktif yang dikatakan dapat memutihkan gigi karena adanya “bahan alami”.

Beberapa study mengatakan bahwa, arang aktif dapat mendetoksifikasi mulut dan menghilangkan noda pada gigi. Seperti sebuah Journal of American Dental Association menemukan 96% pasta gigi arang diklaim memiliki manfaat memutihkan dan 46% memiliki kemampuan detoksifikasi gigi.

Namun, penggunaan kandungan charcoal pada pasta gigi, hingga kini masih tengah diperdebatkan keamanannya. Bagi kalian yang ingin mencoba pasta gigi berbahan charcoal simak kelebihan dan kekurangan sebelum menggunakannya.

1. Dapat Memutihkan Gigi

Menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung activated charcoal memang mampu mengikat noda dan kotoran yang menempel. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Oral Sciences tahun 2019, para peneliti menodai 90 gigi hewan sapi dengan teh hitam pekat, kemudian mereka mengoleskan beberapa bahan pemutih gigi untuk melihat mana yang paling ampuh.

Penelitian tersebut memerlukan sekitar 4 minggu untuk pengamatan. Hasilnya, charcoal bukanlah bahan pemutih gigi yang terbaik ataupun paling efektif untuk memutihkan gigi.

Baca Juga :  Sejumlah Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin kencang

2. Mengurangi Bau Mulut

Melansir laman Healthline, sampai saat ini satu-satunya manfaat pasta gigi arang yang diketahui ada dua yakni, membantu menghilangkan kotoran yang melekat pada gigi serta mengurangi bau mulut.

3. Kekurangan Bisa Membuat Gigi Kuning

Dilansir dari klikdokter.com, activated charcoal memang mampu mengikat noda dan kotoran yang menempel. Akan tetapi, jika Anda tidak menggunakannya dengan hati-hati justru akan membuat gigi menjadi kuning.

4. Tidak Ada Bukti Efektif Pasta Gigi Arang untuk Pemutihan

Dikutip dari jurnal Pharmaceutical, sampai saat ini, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan keefektifan pasta gigi arang dalam pemutihan gigi, kebersihan mulut, dan mengatasi bau mulut. Jurnal American Dental Association juga menyatakan bahwa penggunaan charcoal untuk pasta gigi tidak terbukti efektif sebagai antibakteri, antivirus, antijamur, dan detoks rongga mulut.

5. Berpotensi Menyebabkan Abrasif dan Dapat Mengikis Email Gigi

Pasta gigi charcoal biasanya berwarna hitam. Otomatis, saat menyikat gigi, kalian akan berusaha untuk menghilangkan warna hitam tersebut. Kalian pun cenderung menyikat gigi lebih lama dan keras dari biasanya.

Baca Juga :  Tanggapi Kritikan Masyarakat, Jokowi Minta Tarif Tes PCR Turun Jadi Rp 300 ribu

Padahal, menyikat gigi dengan kekuatan yang terlalu keras dapat menyebabkan gigi menjadi abrasi. Pengikisan karena charcoal tersebut dapat meningkatkan dan membuat permukaan enamel gigi menjadi lebih kasar.

6. Menyebabkan Enamel Gigi jadi Lebih Kasar

Sebuah tulisan di Journal of Physics Conference Serie membenarkan hal tersebut. Menurut tulisan tersebut, setelah pemakaian pasta gigi mengandung charcoal selama satu bulan, permukaan enamel gigi menjadi lebih kasar.

7. Tidak Disarankan untuk Setiap Hari

Pasta gigi charcoal juga tidak disarankan untuk digunakan setiap hari karena pada pasta gigi tersebut sudah ditambahkan activated charcoal. Cara kerja dari pasta gigi charcoal adalah kombinasi antara pengikisan permukaan enamel gigi agar menjadi lebih putih dan memperkecil penyerapan dari stain yang disebabkan dari luar gigi.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait