Pasien Positif Covid-19 Membludak, RS Lapangan Malang Ditargetkan Rampung 10 Hari Kedepan | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pasien Positif Covid-19 Membludak, RS Lapangan Malang Ditargetkan Rampung 10 Hari Kedepan
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Pasien Positif Covid-19 Membludak, RS Lapangan Malang Ditargetkan Rampung 10 Hari Kedepan

SATUKANAL.com, MALANG– Rencana pembangunan Rumah Sakit (RS) Lapangan yang sempat tertunda beberapa waktu lalu kembali dimulai. Hal ini lantaran ruang isolasi di beberapa rumah sakit rujukan sudah dipenuhi dengan pasien Covid-19.

Selain itu dalam rangkaian pilkada serentak 2020, kegiatan kampanye yang berpotensi menciptakan kerumunan juga menjadi salah satu hal yang patut dikhawatirkan dalam peningkatan korban covid-19.

Direktur Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang Kohar Hari Santosa mengatakan rumah sakit lapangan akan dibangun atas permintaan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Tadi malam dipanggil Ibu Gubernur dan diminta untuk membuka rumah sakit lapangan, namun perlu persiapan,” katanya pada Senin (30/11/2020).

Senada dengan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono yang melakukan tinjauan langsung ke area Polkesma Malang pada Selasa (1/12/2020) menjelaskan bahwa tinjau lapangan ini dilakukan sesuai instruksi Gubernur Jawa Timur.  Ia menyebutkan bahwa renovasi RS lapangan tersebut sudah dimulai pada senin (01/11/2020).

Baca Juga :  Kematian Tenaga Medis Di Indonesia Akibat Covid-19 Tertinggi Se-Asia. Ini Alasannya

Rumah Sakit Lapangan Covid-19 yang berlokasi di dalam Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma) Jalan Simpang Balapan Kota Malang itu kini sedang dalam pembangunan. Membludaknya jumlah pasien itupun membuat pembangunan Rumah sakit Lapangan ditargetkan rampung dalam 10 hari ke depan.

“Segala hal yang perlu dibenahi atau direnovasi langsung diinventarisir. Targetnya, renovasi harus selesai dalam waktu 10 hari.” Pungkasnya.

Rumah sakit Lapangan itu sendiri nantinya dapat menampung sekitar 360 pasien yang terindikasi covid-19. Sedangkan untuk ruang perawatan pasien covid-19 di rumah sakit lapangan akan dirancang dengan tempat yang lebih besar dengan segala fasilitas kesehatan.

Heru menyebutkan bahwa kesiapan sarana dan prasarana juga dilakukan pengecekan kembali serta dilakukan renovasi secepatnya. Menurutnya, beberapa ruangan di asrama Polkesma akan direnovasi menjadi ruangan kamar perawatan.

Baca Juga :  Sertifikasi Halal Vaksin Sinovac Terbit Hari ini Bersamaan Dengan Moment Vaksinasi Jokowi

Heru juga menjelaskan bahwa nantinya, setiap sisi ruangan akan ditambahkan dengan ornamen-ornamen yang menyenangkan dan membuat nyaman. Sehingga upaya penyembuhan dapat berlangsung secara lebih maksimal.

“Harapannya, pasien dapat lebih semangat. Sehingga lebih cepat sembuh. Karena semangatnya tempat ini untuk menyembuhkan,” ungkap Heru Melanjutkan.

Pada kesempatan itu juga, Wakil Direktur III Bidang kemahasiswaan Polkesma Ganif Djuwadi juga menyebutkan bahwa secara teknis nantinya BPBD Jatim yang mengetahui pemanfaatan sumberdaya dan sarana pra sarana terkait RS lapangan.

Sedangkan untuk kesediaan tenaga medis, Ganif mengatakan pengampunya nanti berada di Rumah Sakit Saiful Anwar Kota Malang.

“Nanti RSSA Malang sebagai pengampunya. Tapi kami juga menyiapkan sumber daya dan tenaga kesehatan yang bisa dimanfaatkan untuk RS Lapangan,” tandasnya.

 

 

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait