Pasien Covid-19 Terus Bertambah, RS Lapangan Ijen Boulevard Nyaris Penuh? - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pasien Covid-19 Terus Bertambah, RS Lapangan Ijen Boulevard Nyaris Penuh?
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Pasien Covid-19 Terus Bertambah, RS Lapangan Ijen Boulevard Nyaris Penuh?

SATUKANAL.com, MALANG– Kasus konfirmasi positif covid-19 yang terus bertambah belakangan ini membuat sejumlah pihak semakin waspada. Begitu halnya dengan pengelola Rumah Sakit (RS) Lapangan Ijen Boulevard.

Setelah dua pekan  beroperasi, RS Lapangan Ijen Boulevard Polkesma sudah merawat sekitar 158 pasien. Sekitar 36 pasien diantaranya sudah sembuh dan 107 pasien lainnya masih menjalani perawatan.

Kepala RS Lapangan Ijen Boulevard Polkesma dr Heri Sutanto SpPD megungkapkan bahwa beberapa pasien  harus dirujuk ke RS rujukan covid-19 lain. “Ada delapan pasien yang kondisinya berat, sehingga harus dirujuk ke RS rujukan Covid-19 lain. Sedangkan tujuh pasien lainnya melanjutkan isolasi mandiri di rumah,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah pasien covid-19 di RS Lapangan diperkirakan bisa terus bertambah. Untuk itu, ia mengungkapkan bahwa Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) sebagai pengampu RS Lapangan telah menyiapkan antisipasi yaitu berupa penambahan kapasitas bed sebanyak 174 buah.

Sebelumnyaa, pada tahap awal pengoperasiannya (16/12/2020), jumlah bed yang disediakan ada 150. Pihaknya sengaja menambah jumlah bed untuk mengantisipasi agar tidak kewalahan.

Baca Juga :  Sertifikat Vaksin Digital, Bebas Tes Antigen dan PCR di Kota Kediri

“Kami bersiap mengoptimalkan daya tampung. Kami akan melakukan penambahan bed sampai daya tampung maksimal. Alat kesehatan (alkes) juga akan kami tambah terus,” katanya.

Sementara itu, pihak pengelola RS Lapangan juga memperhatikan kebutuhan tenaga kesehatan (nakes) untuk kebutuhan perawaatan pasien. Ada sebanyak 78 nakes yang emnempati asrama RS Lapangan hingga saat ini. Dengan rincian yaitu 23 dokter, 20 perawat, 5 apoteker, 13 admin serta 17 pegawai non medis lainnya.

Sejauh ini, pasien covid-19 yang dirawat tidak hanya berasal dari Malang Raya tetapi juga dari aderah lain di Jawa Timur. Hal ini dikarenakan RS Lapangan Ijen Boulevard merupakan RS Lapangan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

“Untuk saat ini paling banyak memang dari Kota Malang,” katanya menambahkan.

Dokter Hari memberikan rincian untuk pasien yang dirawat di RS Lapangan yaitu ada 116 pasien asal Kota Malang, 15 pasien dari Kabupaten Malang, 3 pasien dari Sidoarjo, 2 pasien dari Kediri, serta 2 pasien dari Jember. Ada juga pasien dari Ngajuk, Jombang, Tulungagung, Tuban, Gresik, Banyumas, Mojokerto dan Ponorogo. Serta ada juga pasien dari luar Jatim, seperti Bogor, Depok, Tarakan, Batam, Samarinda, Jayapura, serta Langsa.

Baca Juga :  Walikota Sutiaji: Tiga CSR BRI Bantu Dorong IPM Malang

Ia juga mengatakan bahwa hingga saat ini pasien yaang dirawat di RS Lapangan belum ada yang komplain terkait ketidaknyamanan pelayanan dengan berbagai fasilitas  yang ada baik fasilitas kesehatan maupun fasilitas penunjang termasuk hiburan.

Sebelumnya, saat khofifah meresmikan pembukaan RS Lapangan pada 16 Desember lalu ditargetkan untuk nol persen kematiaan di RSL Ijen Boulevard Polkesma. Hingga kemarin, target itu masih tercapai karena belum ada kasus kematian pasien di RS Lapangan Ijen Boulevard Polkesma.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait