Pasien Covid-19 Meningkat, RSL Soepraoen Siap Difungsikan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pasien Covid-19 Meningkat, RSL Soepraoen Siap Difungsikan
RS Lapangan (RSL) Soepraoen di kawasan Rumah Sakit Tentara Soepraoen, Kecamatan Sukun, Kota Malang (Foto: Chosa Setya/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Pasien Covid-19 Meningkat, RSL Soepraoen Siap Difungsikan

Satukanal.com, Malang – Di tengah meningkatnya angka positif Covid-19 di Kota Malang, akhirnya Pemerintah Kota (Pemkot) mewujudkan penambahan Rumah Sakit (RS) Darurat, Senin (12/7/2021). RS yang akan dikenal sebagai RS Lapangan (RSL) Soepraoen ini berada di kawasan Rumah Sakit Tentara Soepraoen, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) V/Brawijaya Kolonel CKM dr Yanuar Fitriadi SPB mengungkapkan, kapasitas ketersediaan tempat tidur yang disiapkan untuk RS Lapangan itu sebanyak 100 bed. Nantinya, hanya pasien dengan gejala ringan saja yang akan dirawat di RSL Soepraoen.

“Mulai hari ini (Senin), RS Lapangan sudah siap untuk operasional, meskipun nanti secara bertahap akan kita sempurnakan lagi, terkait safety petugas kesehatan dan juga pasien,” ungkap Yanuar.

Baca Juga :  Minimalisir Kasus Kematian, Dinkes Kota Malang Imbau Pasien Isoman Aktif Lapor Puskesmas

dr Yanuar menambahkan, RS Lapangan ini bukan hanya difungsikan untuk wilayah Kota Malang saja. Namun, juga dua daerah lainnya di Malang Raya serta untuk seluruh wilayah Jawa Timur.

Sedangkan, tenaga kesehatan (nakes) ada sejumlah 108 orang yang sudah disiapkan.  Akan ada pula dokter spesialis, dokter umum, dan perawat yang lainnya.

“Nakes yang mengawasi ini adalah nakes utama dari Batalyon Yonkes 2 divif 2 kostrad ada 108 orang, ada 3 dokter umum, 1 dokter soesialis. Kalau total keseluruhan dengan pendukungnya, tenaga adminstrasi, angkutan, dan lainnya ada 172 orang,” terangnya.

Baca Juga :  Warga Jombang Diimbau Tidak Melakukan Salat Ied di Masjid

Terpisah, Walikota Malang Sutiaji menambahkan dibangunnya RSL Soepraoen ini berangkat dari keluhan masyarakat akan ketersediaan BOR di Kota Malang yang makin menipis. Gayung bersambut, hanya butuh beberapa jam hingga pihak Pangdam dan BNPB merealisasikan hal itu.

Dalam kesempatan itu, dia juga menegaskan bahwa RSL Soepraoen tidak hanya berlaku bagi warga Malang Raya saja. “Untuk Kota Malang berarti sudah ada total penambahan 160 bed. Jadi harapannya kita bisa ikut membantu untuk penanganan pasien Covid-19. Bukan cuma Malang, tapi rujukan dari daerah lain juga bisa,” tutup Sutiaji.

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Adinda

Kanal Terkait